fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Belajar Barisan Aritmetika Bertingkat: Matematika SMP Kelas 8

Hi, CoFriends! Pernah gak kamu liat suatu barisan angka yang punya nilai beda yang sama? Misalnya 1, 5, 9, 13, dan seterusnya. Kalau kamu itung, nilai beda antara bilangan-bilangan itu adalah sama, yaitu 4. Nah, ini namanya barisan aritmatika. Tapi ada juga, loh, yang nilai bedanya itu berbeda. Jadi kita bisa tau nilai beda yang tetap pada tingkat berikutnya. Nah, ini namanya barisan aritmatika bertingkat.

Kalau nilai bedanya udah sama semua, rumus untuk mencari nilai suku ke-N itu kayak gini:

Keterangan:

  • Un = suku ke-n 
  • a = suku pertama 
  • b = nilai beda 
  • n = banyaknya suku

Kalau nilai bedanya masih belum sama semua, itu berarti barisan aritmatika bertingkat. Contohnya kayak gini:

Nah, rumus untuk mencari suku ke-n pada suatu barisan aritmatika bertingkat adalah:

Sekarang, kita coba untuk mengerjakan soal di atas, ya. Kita masukin rumusnya.

Belum selesai, nih, CoFriends. Itu baru ketemu rumusnya aja. Misalnya kamu mau cari suku ke-5. Tinggal kamu masukin ke rumus aja:

Nah, selesai! CoLearn udah pasti bakal mempermudah kamu dalam ngerjain soal apapun. Semoga kamu terbantu, ya! Gimana, nih, pendapat kamu tentang artikel ini? Jangan lupa komen di bawah! Boleh juga, kok, komen saran kamu tentang CoLearn harus bikin artikel apalagi setelah ini. Download aplikasi Colearn juga ya biar kamu makin jago ngerjain matematikanya.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel