fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Konsep Himpunan Bagian: Matematika SMP Kelas 7

Hi, CoFriends! Apa kabar? Pernah gak kamu liat sekumpulan semut yang lagi baris atau mengerumuni makanan? Atau pernah gak kamu liat kumpulan buku yang ada di atas meja? Nah, itu dia namanya himpunan! Kali ini, CoLearn bakal membahas mengenai himpunan. Himpunan ini sering banget kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Himpunan adalah kumpulan benda atau objek-objek atau lambang-lambang yang mempunyai arti yang dapat didefinisikan dengan jelas mana yang merupakan anggota himpunan dan mana bukan anggota himpunan. Yang akan kita pelajari hari ini adalah himpunan bagian. Apa, sih, himpunan bagian itu? Himpunan (bagian) atau himpunan subset yaitu himpunan A merupakan himpunan (bagian) dari himpunan B jika A termuat dalam B. Dalam pencarian himpunan (bagian) ternyata ada simbol himpunan bagian yang menjadi bagian penting yaitu Ì dan ⊃.

CoLearn langsung aja kasih contohnya, ya.

Penjelasan

  • Himpunan B dan C merupakan himpunan (bagian) dari himpunan A karena anggota himpunan B  dan C tersebut merupakan anggota himpunan A.
  • Himpunan A merupakan himpunan (bagian) dari himpunan S. Hal ini karena anggota himpunan A merupakan anggota himpunan S.
  • Himpunan B bukan himpunan (bagian) dari himpunan C dan begitu sebaliknya. Hal ini karena tidak ada anggota himpunan B yang merupakan anggota himpunan C begitu sebaliknya.

Udah, gitu doang, kok. Hehe. Masih bingung gak? Kalau bingung pegangan😆 semoga CoFriends mengerti, ya. Supaya instagram kamu ada konten edukasinya juga, langsung aja yuk buruan follow instagram @colearn.id biar gak ketinggalan info menarik. Untuk kamu yang ingin mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, kamu bisa banget download aplikasi CoLearn.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel