fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Konsep Materi Desil dalam Statistika: Matematika SMA Kelas 12

Hello CoFriends, apakabar kamu hari ini? Tentunya sehat selalu dong, dan pastinya siap juga buat belajar matematika #JadiGampang. Kali ini kita bakal belajar topik yang butuh ketelitian yang tinggi nih, yaitu ‘statistika’. Nah sebelumnya CoLearn mau tanya dulu nih, kamu tau istilah ‘kuantil’?

“Oh gampang, itu yang membagi jadi 4 itu kan? Ada kuantil 1, 2, 3.”

Hehehe, mohon maaf anda belum beruntung, kalo itu pengertian dari ‘kuartil’ yang pake huruf ‘r’. Nah, kuantil yang pake ‘n’ disini adalah sebaran data yang membagi data sama banyak. Kuantil ini banyak banget jenisnya, ada median, kuartil, dan banyak lagi. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis kuantil yaitu ‘desil’. Are you ready? Cusssss.

Desil disini artinya adalah sebaran data yang membagi seluruh data menjadi 10 bagian sama besar. Jadi terdapat batas-batas data yang dibatasi desil agar datanya terbagi 10 sama banyak, sehingga terdapat 9 nilai desil dalam suatu data, dari desil ke-1 sampai desil ke-9. Kalo kamu udah belajar median dan kuartil, ternyata rumusnya desil ini mirip banget loh dengan dua yang tadi, yaitu:

Itu rumus desil buat data tunggal ya, CoFriends harus hati-hati karena dalam mencari desil, data harus diurutkan terlebih dahulu dari kecil ke besar. Disini nilai yang didapat pada desil, merupakan letak datanya ya, bukan hasilnya. Jadi apabila berarti nilai desil berada pada data ke-3. Kemudian apabila nilainya desimal, misal nih berarti sama saja dimana Xi artinya adalah data ke-i. Gampang banget kan CoFriends?

Oke, kita udah bahas nih buat data tunggal, gimana cara ngerjainnya kalo misal datanya merupakan data kelompok? Gampang juga kok, nih CoLearn kasih rumusnya dulu ya, jadi rumus buat desil ke-i data berkelompok adalah:

Hmm, biar lebih gampang lagi, coba CoFriends gunakan langkah-langkah di bawah apabila kamu menemukan soal desil data berkelompok:

  1. Cari frekuensi kumulatif dari seluruh kelas dari kelas terbawah sampai kelas tertinggi
  2. Mencari letak desil terlebih dahulu menggunakan rumus data tunggal.
  3. Setelah letak desil telah didapatkan, coba lihat pada tabel posisi desil berada pada interval kelas yang mana. Selanjutnya dapat dicari panjang interval, frekuensi kumulatif di bawah kelas desil, dan frekuensi pada kelas desil
  4. Nah hasil dari desil ini merupakan nilai desilnya ya, berbeda dengan rumus pada data tunggal. Kalau pada data tunggal harus dicari kembali nilainya karena hanya menunjukkan letak, tapi pada data berkelompok sudah langsung ketemu nilainya.

Wooowww, mencari desil sekarang udah #JadiGampang kan? Jadi CoFriends udah gaperlu lagi deh bingung-bingung gimana cara mencari desil, apalagi nih kalo sampe gatau apa itu desil, aduh jangan sampe deh. Nah, kalo kamu merasa materi ini enak banget dipahami, boleh dong dishare ke temen-temen kamu, sekalian ajak temenmu buat Download aplikasi Colearn juga ya.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel