fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Konsep Materi Kuartil: Matematika SMA Kelas 12

Hai CoFriends, apa kamu sudah pernah mendengar kata ‘kuartil’?

“Oh, penyakit kulit itu ya?”

Aduh cape deh, itu namanya ‘kutil’ bukan ‘kuartil’. Lagian ngapain kita bahas penyakit kulit di matematika sihh. Waduh mulai ngegas nih kayaknya CoLearn, lagian aneh-aneh aja deh. Baiklah karena mungkin sudah mulai ngegas, dan daripada kamu makin salah paham, lebih baik langsung dijelasin aja deh, yukk kita gasss ke materinya, ngeeenggg.

Kuartil adalah salah satu dari kuantil pada statistika, nah disini kedua istilah ini berbeda 1 huruf doang sih, tapi artinya berbeda banget. Kuantil pake “n” artinya nilai-nilai yang membagi data menjadi beberapa bagian sama banyak, nah kuantil ini punya anak namanya median, desil, persentil, dan macem-macem deh. Salah satu anaknya ini adalah kuartil, yang merupakan nilai-nilai yang membagi data menjadi 4 bagian sama banyak. Bagaimana cara kuartil membagi data menjadi 4? Misalnya kamu punya seri data nih berurutan nih, kuartil akan membagi sebagai berikut:

  • 25% pertama, dari data terendah dibatasi kuartil 1 (Q1) adalah bagian terendah data
  • Bagian 25% berikutnya adalah bagian terendah kedua hingga ke median (nilai tengah), median disini dapat juga disebut kuartil 2 (Q2) 
  • Bagian 25% setelah Median adalah bagian tertinggi kedua data, dibatasi oleh (Q3) 
  • 25% keempat adalah bagian yang tertinggi.

Selanjutnya CoFriends bakal kasih rumus dari tiap-tiap kuartil pada data tunggal nih, perhatikan nih ya:

Hasil dari Qiatau kuartil ke-i ini bukan nilainya ya, tapi data keberapa yang menjadi kuartil. Misal nih hasil Q1=3 berarti data ke-3 yang menjadi kuartil 1, ini berlaku buat data tunggal yang banyak datanya ganjil, tapi kalau banyak datanya maka kuartil bisa dicari dengan mencari rata-rata antara 2 data, misal rata-rata data ke-3 dan ke-4. Oiya, CoFriends jangan lupa juga untuk mengurutkan datanya dari yang terkecil ke terbesar terlebih dahulu ya, karena kalau lupa hasil kuartilnya pasti salah.

Nah itu tuh cara mencari kuartil data tunggal, gimana kalau data berkelompok nih CoFriends? Buat data berkelompok, rumusnya sedikit ribet sih, tapi kita coba jabarin biar simpel dan mudah dipahami, ini rumusnya

Untuk lebih mempermudah, CoFriends bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari frekuensi kumulatif dari seluruh kelas dari kelas terbawah sampai kelas tertinggi
  2. Mencari posisi kuartil yang diinginkan, baik kuartil 1, 2, atau 3 menggunakan rumus kuartil data tunggal.
  3. Setelah kelas kuartil didapatkan, maka dapat dicari panjang interval, frekuensi kumulatif di bawah kelas kuartil, dan frekuensi pada kelas kuartil
  4. Oiya, ini warning aja sih. Dalam mencari panjang interval, mungkin CoFriends yang masih sering salah, misal nih 88-90 maka panjang intervalnya bukan selisih antara keduanya ya, berarti panjang intervalnya bukan 2, melainkan karena datanya 88, 89, dan 90, maka panjang intervalnya adalah 3.
  5. Ini warning juga sih, hasil dari rumus ini berbeda dengan kuartil pada data tunggal ya. bukan data ke-n ya, melainkan nilai kuartilnya, jadi misal didapat Qi=4berarti nilai kuartilnya 4, bukan data ke-4 ya. Kamu harus ingat bedanya loh ya.

Horeee… selamat buat kamu yang berhasil menyelesaikan materi kuartil kali ini. Nah kalau kamu masih merasa belum paham dengan materi tadi, boleh banget kok baca lagi dari awal. Selanjutnya bakal bahas materi apa lagi ya? Tulis saranmu di kolom komentar loh ya, jangan lupa download aplikasi CoLearn ya karena kamu bakal butuh banyak latihan soal juga loh buat menguasai materi-materi statistika.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel