fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Konsep Materi Sudut antara Bidang dengan Bidang: Matematika SMA Kelas 12

Dipalak preman di Candi Mendut, ayo teman kita belajar sudut

Hai CoFriends, sesuai pantun di atas maka kali ini kita akan membahas bareng mengenai sudut. Kamu mungkin tau kalau sudut terbentuk dari pertemuan dua garis. Tapi ternyata tidak sesederhana itu saja ferguso. Kalau misalnya ada dua bangun datar yaitu segitiga dan persegi, ternyata keduanya apabila dipertemukan dapat membentuk sudut loh. Gimana sih caranya mencari sudut antara dua bidang datar? Langsung kita bahas aja yukkk, cusssss.

Karena materi kali ini terkait dimensi tiga, maka kita coba bahas dari sebuah bangun dimensi tiga. Coba lihat gambar kubus ABCD.EFGHdi bawah:

Untuk cara mencari sudut antara bidang dengan bidang pada bangun ruang dimensi tiga, seperti cara mencari sudut antara bidang ADGFdan BCGF, CoFriends bisa mengikuti langkah-langkah berikut nih:

1. Coba kita gambar terlebih dahulu bidang mana yang dimaksud

2. Kalau sudah digambar, kita bisa tahu dimana sih perpotongan antara kedua bidang itu. Pada gambar terlihat bahwa kedua gambar berpotongan pada garis GF

3. Oke, sekarang kita harus back to the basic. Masih ingat dong pengertian sudut secara umum, yaitu daerah yang terbentuk karena pertemuan dua garis. Artinya kita harus membuat garis yang dapat mewakili kedua bidang tersebut

4. Selanjutnya, bisa kita lihat bareng nih, bahwa garis AFmewakili bidang ADGFdan garis BFmewakili bidang BCGF. Kedua garis ini berpotongan di F. Kamu juga bisa menggunakan garis DGuntuk mewakili bidang ADGFdan garis CGmewakili bidang BCGF, dengan kedua garis ini berpotongan di G

5. Nah, berarti sudah bisa dicari sudutnya kan? Kamu bisa pake sudut ∠AFBatau ∠DGC. Bisa juga ditulis ∠(ADGF.BCGF)=∠AFB=∠DGC. Cara mencarinya sama dengan mencari sudut antara garis dengan garis ya CoFriends, yaitu dibentuk segitiga dan pakai aturan trigonometri, atau cosinus, coba kamu baca lagi deh biar inget.

Waaahhh, keren kan materinya? Sekarang kamu udah gaperlu lagi ribet mencari sudut antara dua bidang datar, apalagi harus menggunakan busur derajat. Kalau kamu merasa materi kali ini membuat matematika makin #JadiGampang, boleh dong kamu share ke temen-temen kamu. Biar kalian semua mendapat manfaat yang sama nih. Kamu juga boleh banget saranin ke temen-temenmu buat Download aplikasi Colearn juga ya.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel