fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Konsep Sudut antara Garis dengan Bidang: Matematika SMA Kelas 12

Hai CoFriends, kamu pasti sudah paham tentang apa itu sudut kan? Yups, sudut adalah daerah yang terbentuk karena pertemuan dua garis, yaitu garis takdirku dan takdirmu, membentuk sudut cinta kita (eaaa pepet terus jangan kasih kendor). Tapi kamu tau gak, ternyata sudut ga hanya terbentuk dari dua garis aja loh. Faktanya, ternyata sebuah garis dan bidang datar juga bisa membentuk sudut loh. Hehehe pastinya baru pada tau kan? Ayo cusss langsung kita bahas.

Oke deh, coba CoFriends lihat gambar kubus di bawah

Kamu perhatikan deh, gimana caranya mencari sudut antara garis CE dan bidang EFGH? Nah CoFriends tidak perlu bingung deh. Coba kamu ikutin aja langkah-langkah di bawah:

1.Sudut antara garisCE dan bidang EFGH atau bisa ditulis ∠(CE.EFGH) adalah sudut yang terbentuk dari perpotongan garis CE dan bidang EFGH, kalau kamu perhatikan bahwa keduanya mempunyai titik potong di E

2. Kamu ingat tidak, pada dasarnya sudut adalah daerah yang terbentuk dari pertemuan dua garis. Berarti disini kita harus membuat satu garis untuk mewakili bidang EFGH, nah lebih mudah lagi kalau membuat garis yang berada pada bidang tersebut. Coba lihat gambar di bawah:

Nah garis EGdipilih karena berpotongan pula dengan CEpada titik Eseperti bidang EFGH. Jadi EGdianggap representasi dari EFGH.

3. Okedeh, berarti sudut antara CE dengan bidang EFGH atau ∠(CE.EFGH) sama dengan sudut antara garis CE dengan garis EG atau ∠CE.EG = ∠CEG

4. Terakhir, kamu bisa mencari besar sudutnya dengan langkah yang sama dengan mencari sudut antara dua garis.

Gimana nih CoFriends, ternyata gampang banget kan mencari sudut antara garis dan bidang? Selanjutnya kita bahas materi apa lagi ya? Coba kamu jawab aja deh di kolom komentar materi apa lagi yang bikin pusing tujuh keliling, karena CoLearn akan bikin materi tersebut #JadiGampang. So, don’t forget to leave your comment (sekali-sekali pake bahasa Inggris). Oh ya kamu juga bisa download aplikasi CoLearn, lho.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel