fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Konsep Sudut antara Garis dengan Garis: Matematika SMA Kelas 12

Halo CoFriends, apa kabar? Sudah siapkah kamu untuk kembali belajar matematika #JadiGampang? Pada topik kali ini kita akan membahas salah satu materi geometri nih, yaitu dimensi tiga.

“Apaan tuh? Apa film yang kelihatan kayak nyata gitu ya?”

Hehehe beda dong, nah kali ini kita akan lebih membahas salah satu anak dari dimensi tiga, yaitu mencari sudut antara dua garis. Sudah pada penasaran kan? Yukk kita cusss langsung ke materinya.

Kamu pasti sudah belajar dong, tentang kedudukan dua garis pada matematika? Coba sebutkan apa aja hayooo…

“Nih aku sebutin, dua garis sejajar, dua garis berhimpit, dua garis berpotongan, dan dua garis bersilangan, nih kukasih gambarnya sekalian.”

Wih jago, nah CoFriends paham gak cara mencari sudut antara dua garis sesuai kedudukan masing-masing?

“Nah ini, kan aku belum belajar, ajarin dong makanya.”
Oke tenang-tenang, kita bahas bareng aja deh.

Sebelum kita membahas lebih dalam, CoFriends harus tau dulu, bahwa sudut adalah daerah yang terbentuk dari pertemuan dua garis, nah berarti pada kedudukan dua garis sejajar atau dua garis berimpit tidak bisa membentuk sudut. Jadi disini sudut hanya dapat terbentuk pada kedudukan dua garis yang berpotongan atau bersilangan.

Nah pada dimensi tiga, cara mencari sudut antara dua garis baik berpotongan atau bersilangan bisa kita lihat pada gambar di bawah

Pada gambar kubus ABCD.EFGH garis AHdan FG merupakan dua garis yang bersilangan, maka untuk mencari sudut antara AH dan FG kita bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Apabila kedua garis belum berpotongan, maka geser salah satu garis agar berpotongan dengan garis lainnya, kamu juga bisa mencari garis yang sejajar dengan salah satu garis dan berpotongan dengan garis lainnya.
  2. Setelah keduanya berpotongan, hubungkan kedua ujung garis sehingga membentuk segitiga
  3. Coba lihat segitiga apa yang terbentuk, kamu bisa menebak jenis segitiga yang terbentuk dengan melihat sisi-sisi segitiganya. Nah apabila sudut langsung bisa ditebak maka ada 3 kemungkinan yaitu:

Wah, gimana nih materi kali ini CoFriends, pasti udah #JadiGampang banget kan buat kamu. Coba kamu tentukan sudut antara dua garis AHdengan FGdeh menggunakan langkah-langkah di bawah, nanti tulis hasilnya di kolom komentar ya CoFriends. Kamu juga boleh banget loh share materi ini dan sekalian cocokin jawabanmu bareng temenmu di kolom komentar. Kamu bisa download aplikasinya sekarang juga untuk makin paham materi ini ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya! sharing is caring! Sampai Jumpa!

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel