fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Mempelajari Jarak Garis ke Garis: Matematika SMA Kelas 12

Hai CoFriends, kamu yang pacaran, pasti ada yang LDR kan, ada yang beda sekolah, atau mungkin beda kota dan pulau, apalagi dalam kondisi social distancing nih, yang sabar ya CoFriends, mungkin berjarak itu berat, tapi yakinlah hati kalian yang LDR akan selalu terpaut (eaaaa CoLearn hari ini bijak dalam percintaan). Eh, tapi kan kita mau bahas materi matematika yak, hehehe. Yaudah deh, materi matematika kali ini juga berhubungan dengan LDR nih, yaitu jarak dari garis ke garis.

Kedudukan dua garis yang bisa dicari jaraknya adalah dua garis sejajar dan juga bersilangan, karena pada dua garis yang berpotongan dan berimpit mereka tidak LDR, masih bisa dekat satu sama lain, yang tabah ya garis sejajar dan bersilangan.

Nah terus gimana sih cara mencari jarak antara dua garis sejajar dan bersilangan? Gampangnya, membuat sebuah garis yang dapat membentuk siku-siku pada kedua garis yang akan dicari jaraknya, supaya lebih jelas coba CoFriends lihat gambar di bawah:

Pada garis AB yang sejajar CD seperti pada gambar, jarak kedua nya dapat dihitung oleh panjang garis PQ. Disini PQmemiliki sudut siku-siku baik terhadap ABdan juga CD. Pada gambar sebelahnya, bisa kita lihat bahwa garis RS tidak membuat siku-siku baik pada ABmaupun CD, sehingga RSbukanlah jarak dari ABke CD. Terus gimana dengan dua garis yang bersilangan? Coba kita lihat gambar kubus di bawah

Disini kita akan mencari jarak antara garis CG dan HB. Disini ternyata jarak antara keduanya adalah garis RS, dimana Radalah titik tengah antara HB dan Sadalah titik tengah HB. Kenapa dipilih garis RS karena hanya RS lah satu-satunya garis yang membuat siku-siku pada CG dan HB, nah mungkin pada gambar tidak terlihat kalau garis tersebut siku-siku, padahal sebenarnya secara tiga dimensi, RS membentuk siku-siku baik pada CG dan HB, sehingga dapat disimpulkan bahwa RS merupakan jarak dari garis CG dan HB. Gimana nih CoFriends, mudah kan?

Nah, kalau kamu merasa masih sulit dalam memahami materi ini, boleh banget kok dibaca lagi, memang materi ini memerlukan kemampuan spasial atau membayangkan bentuk dan sudut antara garis untuk dapat menentukan apakah siku-siku atau bukan. Tapi tenang saja CoFriends, dengan berlatih soal kamu tentunya tidak bingung lagi mencari jarak garis ke garis. Daripada kamu bingung mencari soal-soalnya, kamu boleh banget loh follow Instagram CoLearn, karena di sana kamu akan menemukan soal-soal yang sangat menarik.
Tambahan nih, jangan lupa download aplikasi CoLearn ya. Hehe

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel