fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Mempelajari Operasi Himpunan: Matematika SMP Kelas 7

Hai, CoFriends! Masih inget gak CoLearn pernah bahas tentang kumpulan semut yang sedang berbaris itu adalah merupakan himpunan? Masih ada lagi, nih, materi tentang himpunan yang kamu harus tau. Jangan bosen dulu, ya. Nah, sebenernya, dua himpunan atau lebih ini dapat dioperasikan sehingga menghasilkan himpunan baru. Konsep ini yang dikenal sebagai operasi himpunan. Langsung aja disimak, yuk!

Oke, secara garis besar, operasi himpunan yang harus kamu tau itu ada empat, yaitu irisan himpunan, gabungan himpunan, selisih, dan komplemen. CoLearn bakalan bahas satu-satu, ya, supaya kamu lebih paham.

1.Irisan himpunan

Irisan dari himpunan A dan B adalah himpunan yang anggota-anggotanya ada di himpunan A dan ada di himpunan B. Atau himpunan yang anggotanya ada di kedua himpunan tersebut. Ditulis A ∩ B = {x | x ∈ A dan x ∈ B} dan dibaca A irisan B.

Kalau kamu perhatiin, di kedua himpunan itu ada empat anggota yang sama yaitu b, c, f, dan g. Berarti, irisan himpunan A dan B adalah b, c, f, dan g atau ditulis dengan: A ∩ B = {b, c, f, g}

2. Gabungan himpunan

Gabungan dari himpunan A dan B adalah himpunan yang terdiri dari semua anggota himpunan A dan himpunan B, dimana anggota yang sama hanya ditulis satu kali. A gabungan B ditulis A ∪ B = {x | x ∈ A atau x ∈ B}.

Ini, tinggal kamu gabungin aja semuanya, kalau ada angka yang sama cukup ditulis satu kali. Jadi gini: A ∪ B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}

3. Selisih

Selisih dua himpunan A dan B adalah himpunan dari semua anggota himpunan A tetapi tidak ada di himpunan B. A selisih B ditulis A – B = {x | x ϵ A atau x Ï B}

Kamu tinggal liat mana yang merupakan irisan dua himpunan di atas. Irisannya adalah a, c, dan e. Nah, karena A – B, berarti kamu liat anggota di himpunan A yang gak ada di himpunan B. Yupp, bener! Jawabannya adalah b dan d. 

Maka: A – B = {b, d}

4. Komplemen himpunan

Komplemen dari A adalah himpunan semua elemen dari S yang tidak ada di himpunan A. Ditulis Ac = {x | x ∈ S dan x ∉ A}.

Gimana, CoFriends? Udah jelas, kan? Sekarang kamu gak perlu bingung lagi kalau ngerjain soal operasi himpunan. Sering-sering baca artikel ini, ya, biar gak terbalik. Pusing, nggak? Nah, CoLearn ramal kamu harus download aplikasi CoLearn biar nggak pusing-pusing lagi. Dijamin malah jadi jago matematika Hehe…

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel