fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Mempelajari Pernyataan Majemuk: Matematika SMA Kelas 10

Annyeong! Apa kabarnya nih CoFriends! Pasti semangat dong, untuk belajar sub bab materi “Logika Matematika” yang ke dua ini. Langsung saja ke materi pembahasannya!

Pertama kamu harus tau dulu CoFriends! apa itu pernyataan majemuk. Dan pernyataan majemuk adalah kumpulan dari beberapa pernyataan tunggal yang menggunakan kata hubung logika matematika seperti ‘dan’, ‘atau’, ‘tapi’, ‘jika…maka…’, ‘…jika dan hanya jika…’.

Pada sub bab kali ini, CoFriends juga akan mempelajari nilai kebenaran dari pernyataan majemuk itu sendiri yang didapatkan dari tabel kebenaran. Nilai suatu kebenaran pernyataan majemuk diperoleh dari nilai kebenaran masing masing pernyataan tunggalnya juga kata hubung yang digunakan.

1. Konjungsi (‘dan’)

Konjungsi memiliki kata hubung ‘dan’ yang bersimbol (^). Hukum dalam konjungsi menyatakan bahwa konjungsi akan bernilai benar apabila kedua pernyataan tunggalnya bernilai benar. Jika salah satu atau kedua pernyataan tunggal salah, maka konjungsi akan bernilai salah.

Tabel kebenaran konjungsi

pqp^q
BenarBenarBenar
BenarSalahSalah
SalahBenarSalah
SalahSalahSalah

2.Disjungsi (‘atau’)

Disjungsi memiliki kata hubung ‘atau’ yang bersimbol (v). Hukum dalam disjungsi bernilai salah jika kedua pernyataan penyusun dari pernyataan majemuk keduanya bernilai salah.

Tabel kebenaran disjungsi

pqp^q
BenarBenarBenar
BenarSalahBenar
SalahBenarBenar
SalahSalahSalah

3. Implikasi (‘jika…maka…’)

Konsep dalam Implikasi berarti penyesuaian. Menggunakan kata hubung berupa ‘jika…maka…’ yang bersimbol. Hukum dalam implikasi menyatakan suatu p disebut sebagai hipotesa dan q sebagai konklusi. Maka pada implikasi ini akan menghasilkan nilai salah ketika konklusi salah dan hipotesa benar.

Tabel kebenaran implikasi

pqp^q
BenarBenarBenar
BenarSalahSalah
SalahBenarBenar
SalahSalahBenar

4. Biimplikasi (‘…jika dan hanya jika..’)

Biimplikasi menggunakan kata hubung ‘…jika dan hanya jika’ yang bersimbol (). Hukum dalam biimpilikasi menyatakan pernyataan yang hanya akan menyatakan benar jika kedua pernyataan menyatakan kesamaan nilai, baik benar maupun salah. Maksudnya adalah, pernyataan dianggap benar jika keduanya sama-sama salah maupun sama-sama benar.

Tabel kebenaran biimplikasi

pqp^q
BenarBenarBenar
BenarSalahSalah
SalahBenarSalah
SalahSalahBenar

Itu dia CoFriends! Sudah paham tentang materi pernyataan majemuk kan, sekarang? Jangan lupa share artikel

Buat kamu yang masih bingung jangan malu – malu bertanya di kolom komentar artikel ini. Oh ya jangan lupa, ya, untuk download aplikasi CoLearn 😁

Sampai jumlah di artikel selanjutnya, bye bye 👋

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel