fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Menjawab Soal Materi Jarak Garis ke Garis: Matematika SMA Kelas 12

Hai CoFriends, kalo kamu udah meyandang gelar siswa SMA, pastinya udah ga asing lagi dengan geometri khususnya dimensi tiga. Karena geometri adalah materi yang butuh banyak latihan soal, kali ini CoLearn akan bantu kamu untuk memahami dengan membahas salah satu soal dimensi tiga, yaitu soal tentang jarak dari garis ke garis. Daripada makin kepo, yuk langsung cusss kita bahas bareng.

Coba perhatikan gambar kubus ABCD.EFGHdi bawah:

Pada kubus diketahui panjang rusuk 7 cm titik Nadalah titik potong dari AC dan BD sedangkan titik Madalah titik potong dari EG dan FH. Tentukan jarak garis EN ke CM.

Waduh, gimana tuh cara ngerjainnya? Tenang aja, kita kerjain bareng-bareng biar #JadiGampang. Pertama kita gambar dulu titik Mdan Nkemudian kita gambar dulu garis EN dan CM untuk memudahkan kita mengerjakannya.

Nah udah tuh, sekarang kita hanya perlu mencari jarak EN ke CM…

“Lah gampang dong, kan jarak EN ke CM jelas garis CN atau EM, kan EMCNmerupakan persegi panjang berarti CN memotong siku-siku baik CMdan EN.”
Wowowowo tunggu dulu deh CoFriends, sekilas mungkin kamu melihat EMCN adalah bangun persegi panjang, tapi apakah kamu yakin benar begitu? Dimensi tiga memang banyak mengecoh nih, jadi harus dibuktikan terlebih dahulu kebenarannya. Nah, karena EMCNberada pada bidang diagonal ACGE, maka kita gambar dulu deh ya bidang diagonal ACGE dan melihat posisi EMCN.

Nah hayoloohhh, siapa tadi yang bilang EMCN adalah persegi panjang? Ternyata EMCN adalah jajargenjang sehingga tidak mungkin CN siku-siku dengan EN dan CM. Untuk mencari jarak dari EN ke CM, kita memerlukan bantuan titik bantu Pdan Q sehingga PMQN merupakan persegi panjang.

Mungkin kamu masih bingung nih, gimana caranya tiba-tiba ada titik Pdan Q, nah sebenernya titik ini berada di bisa kamu anggap berada di sembarang tempat aja dulu kok, jadi kamu gaperlu mikir posisi apalagi panjangnya yang tepat, karena itu kita cari belakangan. Yang penting kita dapat PMQN persegi panjang sehingga PM siku-siku baik di CMmaupun EN, sehingga kalau mau mencari jarak garis CM ke EN maka kita hanya perlu mencari panjang garis PM.

Selanjutnya, kita hapus saja persegi panjang dan fokus ke PM, nah sebelum mencari panjang PM kita tau bahwa (diagonal bidang kubus), , (menggunakan phytagoras)

Sekarang untuk lebih mempermudah, coba kita gambar segitiga EMN, perhatikan bahwa luas EMN bisa dicari dengan rumus segitiga siku-siku karena siku-siku di M, juga bisa dicari menggunakan rumus segitiga biasa dengan alas EN dan tinggi PM, maka:

Nah, walaupun angkanya tidak bulat, tapi itulah panjang PM yang juga merupakan jarak dari CM ke EN. Gimana nih, ribet ya? Lebih ribet mencari jarak hati antara kita kok dibanding ini (eaaaaa jangan kasih kendor). Karena materinya sudah selesai, CoLearn mau ngucapin selamat buat kamu nih, walaupun kelihatan ribet tapi masih bisa menyelesaikan materi kali ini. Kamu share materi ini ke temen-temenmu juga deh biar semua temenmu juga paham materi ini, boleh banget juga loh kalau kamu ngajak temen-temenmu buat download aplikasi CoLearn buat belajar bareng.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel