fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Konsep Jangkauan: Matematika SMA Kelas 12

Halo CoFriends, kamu yang sedang menjalani masa putih abu-abu, pastinya udah sedikit tau dong tentang statistika? CoLearn saranin kamu belajar statistika sampai paham deh, karena pasti akan dipakai kalo kuliah. Kali ini kita akan membahas bareng-bareng salah satu anak dari statistika, yaitu ‘range’ atau dalam bahasa Indonesia disebut ‘jangkauan’. Daripada kamu penasaran apa itu jangkauan, yuk kita langsung cusssss aja deh ke materinya.

Nah, seperti namanya, jangkauan berarti jarak… yang memisahkan aku dan kamu dalam kebimbangan (waduhhh galau nih). Bukan-bukan, jadi jangkauan dalam statistika berarti jarak atau selisih antara nilai tertinggi dan terendah dari suatu data. Misalnya nih, kamu diminta mengukur seluruh tinggi badan temen-temenmu sekelas. Nah, setelah kamu mengukur pasti ada teman yang paling pendek sekelas, dan pastinya juga ada teman yang tinggi sekelas. Kalau kamu diminta menghitung jangkauannya, maka kamu hanya perlu mencari selisih tinggi antara teman tertinggi dengan teman terendah di kelas.

“Buat apa sih gunanya jangkauan di dunia nyata? Kan terlihat diskriminatif gitu antara yang tinggi dan rendah?”

Wah, pemikiranmu kritis sekali, tapi ternyata jangkauan juga ada gunanya loh. Misal nih, gurumu mendata seluruh nilai ulangan matematika kelasmu, dan ternyata jangkauan antara nilai tertinggi dan terendah masih sangat jauh, menandakan bahwa ada anak yang belum paham pelajaran tersebut, sehingga bisa diberikan pelajaran tambahan atau ujian perbaikan, berguna banget kan?

Oke deh, cara mencari jangkauan pada data tunggal dapat mengikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Carilah nilai tertinggi dan nilai terendah dari seri data tunggal tersebut, kalau mau lebih gampang dan teliti, coba kamu urutkan seri data tersebut dari yang paling rendah ke tinggi
  2. Selanjutnya, tinggal mencari selisih antara data tertinggi dan terendah nih, atau bisa ditulis (rumus), gampang pake banget kan?

Nah, itu tadi pada data tunggal, gimana kalau pada data berkelompok? Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mencari range data berkelompok, yaitu:

  1. Selisih dari nilai tengah, pada data berkelompok pasti terdapat interval dari data pada satu kelas kan, nah caranya adalah kamu cari nilai tengah dari kelas pertama, dan juga nilai tengah dari kelas terakhir, kemudian cari selisihnya
  2. Selisih dari tepi bawah kelas terendah dan tepi atas kelas tertinggi, pada data berkelompok kamu bisa cari tepi bawah dan tepi atas dari tiap kelas, kemudian cari tepi bawah kelas terendah dan tepi atas dari kelas tertinggi, kemudian kamu cari selisihnya. 

CoFriends, mungkin kedua cara tersebut dapat menghasilkan hasil yang berbeda, namun dapat memberikan pendekatan atau gambaran range dari data berkelompok tersebut.

Gimana nih CoFriends, materi kali ini? Pasti #JadiGampang pake banget nget nget. Tinggal nyari selisih doang kok, tapi statistika adalah cabang matematika yang perlu tingkat ketelitian yang cukup tinggi loh, jadi pastikan kamu banyak berlatih juga mengerjakan soal agar terbiasa teliti. Kalo bingung dimana mencari soal-soalnya, kamu bisa download aja aplikasi CoLearn, di sana pastinya banyak soal-soal yang kamu butuhkan untuk mengasah kemampuanmu.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel