fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Soal Desil: Matematika SMA Kelas 12

Hai CoFriends, di masa putih abu-abumu pastinya kamu banyak belajar hal baru kan? Nah sebelum kita belajar hal baru, coba deh CoLearn tanya dulu, kamu udah pernah dengar istilah ‘desil’?

“Oh, itu bahasa inggrisnya setan ya?”
“Itu bukannya temennya penghapus ya?”

Nah ini nih yang bikin agak ngegas nih. Itu bukan desil tapi “devil” sama “pensil”. Hadeeehhh ada-ada aja. Jadi desil adalah sebaran data yang membagi data menjadi sepuluh sama besar. Biar kamu ga bingung, coba deh kita bahas salah satu contoh soal desil ini bareng-bareng, yuk cussss.

Anggap aja kamu sekarang kerja di badan pusat statistik. Hari ini kamu diberi data sebaran umur remaja RT 2 oleh atasan untuk diolah, dan kamu harus mencari desil ke-5 dan desil ke-7 dari data tersebut. Datanya bisa kamu lihat di bawah:

13, 14, 16, 15, 14, 14, 15, 17, 19, 18, 17, 16, 15, 16, 14, 13, 18, 19, 17, 16, 15, 14, 13

Kalo kamu gabisa menyelesaikan tugas dari atasan, artinya kamu harus lembur malam ini, waduh kacau nih, gimana dong?

Tenang-tenang, CoLearn akan bantuin kamu biar kamu bisa pulang cepet dan tidur nyenyak malam ini. Jadi seperti biasa, kalau kita mencari nilai median, kuartil, desil, ataupun jenis kuantil lainnya jangan lupa untuk mengurutkan datanya terlebih dahulu, sehingga data yang sudah diurutkan adalah:

13, 13, 13, 14, 14, 14, 14, 14, 15, 15, 15, 15, 16, 16, 16, 16, 17, 17, 17, 18, 18, 19, 19

Selanjutnya kita bisa menggunakan rumus desil data tunggal untuk mencari letak desil ke-5 dan ke-7 terlebih dahulu.

13, 13, 13, 14, 14, 14, 14, 14, 15, 15, 15, 15, 16, 16, 16, 16, 17, 17, 17, 18, 18, 19, 19

Dari data yang telah diurutkan berarti desil ke-5 terletak pada data ke-12 atau pada data adalah 15.

Itu tadi untuk desil ke-5, bagaimana dengan desil ke-7? Sama aja kok caranya, kita kerjain bareng ya, CoFriends.

Dari data diatas kita tau bahwa atau data ke-16 adalah 16, dan atau data ke-17 adalah 17, sehingga nilai desil ke-7 adalah:

Kalau sudah dihitung desimalnya dengan selisih antara kedua data, maka hasil ini merupakan nilai desil ya, jadi sudah bukan letak desilnya lagi.

Oke, gimana nih CoFriends? Pastinya udah #JadiGampang dong, berarti kamu gaperlu begadang dan akhirnya bisa pulang cepet dan tidur nyenyak, horeee. Nah biar kamu gaperlu begadang buat ngerjain soal statistika lainnya, download aplikasi CoLearn deh, biar kamu juga dapet materi dan tips lainnya yang tak kalah bermanfaat dibanding yang ini. Jadi, make sure to download it.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel