fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Soal Materi Kuartil: Matematika SMA Kelas 12

Hei CoFriends, gimana nih kabarnya? Pastinya masih semangat dan siap untuk kembali belajar matematika #JadiGampang? Siap gak siap pastinya harus siap. Kali ini kita akan membahas salah satu anak dari statistika yang mungkin agak ribet sih, yaitu kuartil. Penasaran kan gimana cara mencari kuartil dari suatu data? Kalo gitu yukk kita cussss aja.

Coba liat tabel data kelompok usia dari RT 53 di bawah:

UsiaFrekuensi
20-298
30-3910
40-496
50-598
60-693
70-793
80-892
Total40

Salah satu staf dari Pak RT meminta kamu untuk menghitung kuartil 3 dari data diatas, kalau kamu bisa nanti akan diberi hadiah sendiri nanti.

Hehehe tenang aja deh, CoLearn akan bantu kamu untuk mendapatkan hadiah dari Pak RT. Jadi coba kita ikuti langkah-langkah di bawah:

1. Cari frekuensi kumulatif dari tiap kelas dulu deh, coba lihat tabel di bawah

UsiaFrekuensiFrekuensi Kumulatif
20-2988
30-391018
40-49624
50-59832
60-69335
70-79338
80-89240

2. Mencari posisi kuartil yang diinginkan, baik kuartil 1, 2, atau 3 menggunakan rumus kuartil data tunggal, disini didapatkan  Berarti kita tau bahwa nilai kuartil berada pada interval 50-59

3. Setelah kelas kuartil didapatkan, tepi bawah kelas kuartil maka dapat dicari panjang interval , frekuensi kumulatif di bawah kelas kuartil , dan frekuensi pada kelas kuartil

4. Masukkan ke rumus:

Nah, dapat deh nilai kuartil 3 dari data di atas yaitu 57, cepat serahkan ke staf Pak RT, biar kamu juga cepat dapat hadiahnya.

Gimana nih CoFriends, mudah kan kalau kita mengikuti langkah-langkah mencari kuartil seperti contoh soal tadi? Pastinya sekarang kuartil udah #JadiGampang segampang menjentikkan jari. Oiya, karena materi statistika ini masih banyak cabangnya, kamu juga harus belajar ya, materinya bisa kamu temukan dengan download aplikasi CoLearn. Jangan lupa didownload, ya!

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel