fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Soal Persentil: Matematika SMA Kelas 12

Halo CoFriends, kalau kamu udah memakai seragam putih abu-abu, pasti udah ga asing dengan materi statistika dalam matematika. Nah kali ini kita akan coba bareng-bareng membahas salah satu soal yang berkaitan dengan materi statistika yaitu persentil, sesuai namanya persentil artinya membagi data menjadi 100 bagian sama besar, waduh banyak banget tuh. Daripada penasaran yuk langsung cussss.

Coba kamu lihat dulu tabel nilai matematika seluruh siswa kelas XII SMA Maju Jalan:

KelasFrekuensi
60-642
65-696
70-747
75-7910
80-847
85-895
90-943
Total40

Berapa nilai persentil ke-60 dari data tersebut?

Waduh, ribet juga ya nih ya, tapi tenang aja deh, coba kita kerjain bareng-bareng dengan langkah-langkah berikut:

1. Cari frekuensi kumulatif dari tiap kelas dulu deh, coba lihat tabel di bawah

2. Mencari posisi persentil yang diinginkan dengan menggunakan rumus data tunggal, disini didapatkan letak berarti kita tau bahwa kelas persentil berada pada nilai 75-79

3. Setelah kelas persentil didapatkan, masukkan rumus di bawah

Di sini kita cari terlebih dahulu tepi bahwa kelas persentil selanjutnya panjang interval c=5(ingat, panjang interval 75-79 berarti 75, 76, 77, 78, 79 sehingga hasilnya 5, bukan selisih keduanya). Kemudian kita tau bahwa frekuensi kumulatif di bawah kelas kuartil , dan frekuensi pada kelas kuartil

4. Dihitung deh nilai persentil menggunakan rumus:

Yeayyy, udah dapet nih nilai persentil ke-60 dari data kelompok tersebut. Gampang banget ya ternyata, gaperlu pusing-pusing buat nyelesaiin soal model begini. Buat kamu yang merasa soal dan pembahasan kali ini bermanfaat banget, boleh dong dishare ke temen-temenmu. Kamu bisa tonton video pembelajaran materi ini di aplikasi CoLearn yang dapat kamu unduh di appstore atau playstore sekarang juga biar kamu makin jago. See you!

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel