fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Soal Refleksi (Pencerminan) terhadap garis y = -x: Matematika SMA Kelas 11

Hello CoFriends, saat masa kecil kamu pernah nonton kartun ‘Putri Salju’ kan? Kalo udah pernah, pasti pernah ingat cermin ajaib itu kan, gimana ya mantranya? ‘Cermin ajaib, coba tunjukkan orang-orang yang pinter matematika!’ 

“Hahaha, aku cermin akan menunjukkannya, orang yang pinter matematika adalah CoFriends yang baca artikel ini”Wuihh, jago nih cermin bisa tau. Nah kalo gitu kita coba 1 pertanyaan lagi ya. ‘Cermin ajaib, coba tunjukkan bayangan bangun ABCDdi bawah, apabila direfleksikan pada garis

“Hahaha, pertanyaan apa itu, aku cermin ajaib, bukan cermin matematika. Kerjakan sendiri aja, nanti saya pecah.”

Hadeeeh, ternyata cermin ajaib pun kurang ajaib untuk soal matematika, yaudah deh ayo kita kerjain bareng aja. Langkah pertama adalah kita tentukan dulu titik-titik dari bangun tersebut, cuss kita tentukan.

Okee, setelah didapat titik-titiknya, langsung saja kita transformasikan menggunakan matriks,

Nah, setelah titik bayangan berhasil kita temukan, kita gambar pada bidang cartesius, kemudian kita hubungkan dengan garis, dan terbentuklah bayangan dari bangun ABCDatau bisa kita sebut sebagai ABCD’

Gimana, gampang kan? CoFriends jauh lebih hebat nih daripada cermin ajaibnya putri salju, maklum lah ya, mungkin dulu cermin putri salju ga pernah diajarin transformasi geometri. Sekedar info aja nih, transformasi geometri masih banyak lagi loh macamnya, dan CoFriends harus belajar semuanya, sebelum dipelajari oleh cermin ajaib. Materi-materi itu bisa kamu dapat dengan follow Instagram CoLearn, so jangan lupa buat follow ya. Oh ya download aplikasi CoLearn yuk biar belajarmu makin seru.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel