fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Soal Sudut antara Bidang dengan Bidang: Matematika SMA Kelas 12

Hello CoFriends, tak terasa seragam putih abu-abu sudah cukup lama kamu gunakan, pastinya kamu juga belajar hal-hal yang baru dong. Kali ini CoLearn akan kembali untuk menemani kamu belajar hal baru, yaitu sudut antara bidang dengan bidang. Nah, gimana tuh ya cara mencari besar sudutnya? Daripada kamu makin kepo, langsung aja deh kita bahas salah satu contoh soalnya.

Pada gambar kubus di atas, berapa besar tangen sudut yang terbentuk antara bidang ABCDdengan ADFG

Wuih, gimana ya caranya, hmmm… tenang aja CoFriends, gampang pake banget kok ini. Kita kerjakan dengan langkah-langkah berikut aja yuk:

1. Gambar terlebih dahulu kedua bidang yang dimaksud

2.Ternyata, kedua bidang berpotongan pada garis AD, selanjutnya kita bisa mencari garis yang mewakili ABCD dan ADGF, nah disini kita bisa menggunakan garis ABdan AFatau garis CD dan DG untuk mewakili kedua bidang tersebut. Kalau sudah ada garis yang mewakili, maka bidang bisa kita abaikan saja ya CoFriends

3. Oke, sekarang kita bisa mencari sudut antara dua garis, kita pilih saja salah satu sudut yang terbentuk yaitu ∠FAB saja ya, jadi ∠GDC kita abaikan karena toh besarnya juga sama

4.Nah, sekarang kita punya segitiga ABF, kita identifikasi ternyata segitiga tersebut adalah segitiga siku-siku sama kaki. Sehingga ∠FAB bisa langsung diketahui yaitu

5. Maka nilai

Horeee, materi kali ini sudah selesai. Gimana nih CoFriends, lebih susah mencari besar sudut dari pertemuan dua bidang, atau mencari besarnya cinta dari pertemuan dua sejoli? Jawab di kolom komentar aja deh ya hehehe. Selain materi ini, banyak banget loh materi lainnya tentang dimensi tiga, tentunya bisa kamu temukan dengan download aplikasi CoLearn. Jadi, jangan lupa buat download ya

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel