fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Pembahasan Soal Sudut antara Garis dengan Garis: Matematika SMA Kelas 12

Hello CoFriends, gimana nih kabarnya? Pasti kalian semua sehat dan siap belajar kan? Kali ini kita akan membahas cara mencari sudut antara garis dengan garis. Nah, materi ini adalah materi yang banyak membutuhkan latihan dan jam terbang supaya jago mengerjakannya. Oleh karena itu coba kita bahas bareng-bareng soal di bawah.

Coba kamu lihat gambar di bawah

Gimana ya cara menentukan nilai sinus sudut antara garis BGdan CH?

Nah ini nih mungkin kesalahan CoFriends yang masih belum terbiasa mengerjakan soal begini, kedua garis itu tidak berpotongan di titik biru seperti gambar di bawah ya, karena pada kubus kedua garis tersebut tidak berpotongan. Kamu bayangkan aja deh, dengan imajinasi bagaimana posisi kedua garis tersebut pada kubus, pasti tidak bersentuhan kan?

Nah, terus gimana dong cara mencari kedua garis yang social distancing sehingga tidak bersentuhan?

Ebuset, ya nggak gitu dong konsepnya, bukan social distancing nih. Garis BGdan CHadalah dua garis yang kedudukannya disebut ‘bersilangan’. Nah untuk mencari nilai sinus antara keduanya, maka kita terlebih dahulu harus mencari besar sudutnya nih. CoFriends bisa ikutin langkah-langkah di bawah nih buat mencari sudut antara keduanya:

1. Kedua garis belum berpotongan, maka kita cari aja garis yang sejajar BG dan bisa memotong garis CH, apa hayooo? Yak benar sekali, kita dapatkan garis yang dimaksud yaitu AH, sekarang kita fokus mencari AH dan BG yak, CH kita abaikan saja.

2. Setelah keduanya berpotongan, hubungkan kedua ujung garis sehingga membentuk segitiga, nah kita dapatkan segitiga ACH

3. Sekarang coba kita identifikasi deh jenis segitiga tersebut, apakah termasuk siku-siku, sama sisi, atau segitiga lainnya. Nah kita harus menghitung dulu sisi-sisi segitiga tersebut. Kita perhatikan ACadalah diagonal bidang dari kubus, begitu pula dengan CHdan AH, ketiganya mempunyai panjang sisi , berapapun sisi kubusnya. Benar kan?

4. Nah, dari sini ketahuan dong kalau ketiganya mempunyai panjang sisi yang sama, atau disebut segitiga sama sisi. maka , seperti gambar di bawah

5. Terakhir, kamu hanya perlu mencari

Hehehe, sekarang udah paham kan cara mencari sudut antara dua garis pada satu bangun ruang? Kalau udah paham, berarti materinya bisa dinyatakan… selesaiiii, selamat buat kamu yang berhasil menyelesaikan materi ini. Oiya, kalau kamu butuh materi-materi lain yang tak kalah menarik dan edukatif, download aja aplikasi CoLearn, di situ banyak materi yang kamu butuhkan buat matematika #JadiGampang.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel