fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Soal dan Pembahasan Determinan Matriks ordo 3×3: Matematika SMA Kelas 11

Hello CoFriends, kamu yang udah memakai seragam putih abu-abu jelas sudah sering mendengar istilah “matriks” kan? Nah, apa kamu udah tau cara mencari determinan matriks 2×2?

“Udah dong, gampang banget diagonal kanan dikurang diagonal kiri”.

Wuihhh jago, tapi gimana cara mencari determinan matriks 3×3?

“Gampang juga dong… sama aja diagonal kanan dikurang diagonal kiri.”

Wah ini nih, mencari determinan matriks 3×3 tidak semudah itu ferguso. Jadi gimana sih cara mencari determinan matriks 3×3? Daripada makin penasaran dan jatuh ke lubang kesesatan, coba kamu perhatikan soal berikut.

Diketahui matriks tentukan determinan dari matriks tersebut.

Oke deh, karena matriks ini merupakan matriks 3×3, maka determinannya tidak semudah mencari selisih diagonal kanan dan diagonal kiri, tapi mempunyai metode sendiri untuk mencari determinan, yaitu:

1. Metode sarrus, jadi kita ambil kolom pertama dan kolom kedua, taruh disamping matriks kemudian baru kita cari diagonal kanan dan kiri, coba kamu lihat di bawah:

2. Metode minor kofaktor, nah disini coba kita ambil saja elemen-elemen pada matriks baris pertama, berarti yaitu 1, 4, 5. Nah, di sini kita bisa mencari kofaktor Untuk lebih memudahkan, karena rumus kofaktor adalah , kita cari dulu minornya. Baru kita cari kofaktor.

Oke, selanjutnya setelah minor berhasil didapat, tinggal kita cari kofaktornya, yaitu:

Wah, kofaktor sudah kita dapatkan, berarti kita bisa mencari determinan dengan rumus:

Nah, hasilnya sama kan? Kamu bebas memakai cara manapun untuk mencari determinan dari matriks ukuran 3×3. Tapi, kamu tetep harus menguasai kedua caranya ya. Untuk metode minor kofaktor memang perlu ketelitian dan ketekunan sendiri karena cukup ribet, tapi CoLearn percaya kamu pasti bisa kok.
Okeee… selamat sudah menyelesaikan materi kali ini. Kalau kamu mau saran materi selanjutnya, boleh banget kok ditulis pada kolom komentar. Oiya, kamu juga bisa download aplikasi CoLearn sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel