fbpx

CoLearn Learning App: Tanya Soal MTK, Latihan Online, Belajar Online Bersama Guru Juara, Tryout

Soal dan Pembahasan Materi Jangkauan: Matematika SMA Kelas 12

Hai CoFriends, apa yang terpikir di benakmu saat mendengar kata “statistika”? Ah ribet, banyak, ruwet, butuh ketelitian, ngitungnya repot, dan mungkin banyak lagi kesulitanmu disini, tapi tenang aja. CoLearn akan bantu kamu memahami statistika sampai #JadiGampang. Kali ini kita akan bareng-bareng membahas salah satu cabang statistika yang paling simpel deh. Kita sambit… eh salah, kita sambut… ‘jangkauan’!

Misal wali kelasmu melakukan tes kesehatan, dan berat badan seluruh siswa dianggap stabil dan sehat apabila jangkauan data tidak lebih dari 15 kg, sehingga berat badan seluruh siswa kelasmu didata nih, dan didapatkan data seperti tabel di bawah:

Berat badan (kg)Jumlah
50-542
55-595
60-647
65-696
70-749
75-795
80-844
85-892
Total40

Waduh, apakah kelasmu termasuk kelas dengan siswa sehat? Kita perlu mencari tau dengan menghitung jangkauan dari data kelompok. Nah untuk menghitungnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah

  • Menggunakan nilai tengah dari data kelas terendah, dan data kelas tertinggi. Pada jangkauan frekuensi atau jumlah orang tidak diperlukan sehingga bisa kita abaikan saja kali ini, maaf ya frekuensi. Kita bisa lihat nilai tengah kelas terendah adalah 53 dan kelas tertinggi adalah 87 sehingga range=87-53=32kg
  • Menggunakan selisih dari tepi bawah kelas terendah dan tepi atas kelas tertinggi, disini kita tau bahwa tepi bawah kelas terendah =50-0,5=49,5 dan tepi atas kelas tertinggi =89+0,5=89,5 sehingga range=89,5-49,5=40kg

Nah, ternyata jangkauan data tersebut masih melebihi 15 kg, masih terjadi ketimpangan nih di kelasmu, sehingga belum bisa disebut kelas yang seluruh siswanya sehat. Kamu bisa menyarankan temanmu yang memiliki berat 85-89 kg untuk diet menurunkan berat badan, sebaliknya, temanmu yang memiliki berat 50-54 kg bisa kamu sarankan untuk menaikkan berat badan, dijajanin cilok juga boleh kok biar mereka ngemil.

Oke, sekarang mencari jangkauan dari data berkelompok sudah #JadiGampang kan? Apalagi kalau misal dikasih soal mencari jangkauan data tunggal, sudah pasti gampang pake banget. Oiya, kalo materi ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa dishare ke temen-temenmu, siapa tau kalian beneran kepikiran buat mendata berat badan sekelas nih hehehe. Jangan lupa juga untuk download aplikasi CoLearn, ya!

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel