8 Inspirasi Aktivitas untuk Menarik Perhatian Murid di Kelas Daring

8 Inspirasi Aktivitas untuk Menarik Perhatian Murid di Kelas Daring

Kita tentu tahu bahwa proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika murid memperhatikan materi dengan baik serta turut berpartisipasi dengan aktif. Menarik perhatian murid serta mengajak mereka terlibat merupakan tantangan tersendiri bagi guru, terutama di kelas daring. Di kelas daring, murid lebih mudah teralihkan perhatiannya oleh suasana rumah atau aktivitas lain di komputer mereka.

Guru Juara CoLearn, Billy dan Yuna, punya beberapa inspirasi aktivitas yang terbukti bisa meningkatkan keterlibatan murid di kelas daring. Apa saja inspirasinya?

Interaksi untuk Memulai Kelas

Drawing Challenge

Di aktivitas Drawing Challenge, para guru bisa menantang para murid untuk menggambar objek di sekitar rumah mereka. Aktivitas ini bisa dilakukan menggunakan fitur Annotate di Zoom dan cocok untuk dilakukan sebelum kelas dimulai.

Menariknya, fitur Annotate dan Drawing Challenge ini juga bisa digunakan untuk absen, lho! Seperti contoh di bawah ini, Guru Juara CoLearn meminta murid untuk menggambar ikan di bawah nama mereka, untuk menandakan kehadiran murid di kelas.

This or That

Ada juga aktivitas This or That yang meminta murid memilih aktivitas, makanan, atau objek favorit mereka. Aktivitas This or That yang sempat viral digunakan di Instagram Story dan TikTok ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk aktivitas belajar yang menyenangkan. Seperti Drawing Challenge, aktivitas ini juga bisa dilakukan menggunakan fitur Annotate di Zoom.

Riddle of the Day

Selain itu, guru juga bisa memberikan Riddle of The Day yaitu sebuah tebak-tebakan yang bisa dijawab oleh murid di kolom komentar. Tebak-tebakan ini tidak harus berhubungan dengan materi pelajaran.

Interaksi Selama Kelas Berlangsung

True or False

Untuk tetap mendapatkan perhatian murid saat kelas sedang berlangsung, guru bisa menyelipkan aktivitas seperti True or False di tengah-tengah sesi. Lagi-lagi, fitur Annotate bisa digunakan untuk aktivitas ini. Murid bisa menggambar ikon checkmark di kotak “Benar” atau “Salah”.

Fill in the Blank

Variasi aktivitas lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kelas semakin hidup adalah fill in the blank. Guru bisa membuat soal isian dengan ilustrasi menarik yang bisa dijawab oleh murid di kolom komentar. Guru juga bisa meminta salah satu murid yang ingin menjawab secara sukarela menggunakan fitur Annotate.

Mini Quiz

Aktivitas lainnya adalah Mini Quiz. Guru bisa membuat soal-soal sederhana dan mengajak murid untuk mencari jawabannya. Agar suasana lebih seru dan menyenangkan, guru juga bisa menambahkan batas waktu dan memasang timer. Pada contoh di atas, murid bisa diminta melingkari jawaban yang dianggap tepat.

Interaksi di Akhir Kelas

Comprehension Check

Setelah materi selesai disampaikan, ada juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan di penghujung sesi selain sesi-tanya jawab, misalnya Comprehension Check.

Jawaban murid dari aktivitas ini bisa menjadi umpan balik bagi guru agar tahu sampai mana pemahaman siswa. Guru bisa merekam jawaban murid di aktivitas ini agar tahu murid mana yang masih mengalami kesulitan.

Story from Teacher

Jika masih ada cukup waktu, guru juga bisa mengakhiri sesi dengan bercerita tentang cerita-cerita lucu di keseharian guru. Guru bisa memberikan beberapa pilihan tema cerita dan meminta murid memilih tema yang mereka inginkan, seperti contoh di atas.

Ada banyak cara untuk menarik perhatian murid di kelas daring, asalkan guru mau berkreasi! Tertarik mempelajari lebih banyak tips mengajar bersama CoLearn? Ayo berlangganan newsletter Mengajar Bersama CoLearn untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox-mu!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing