Santai tapi Serius: Aktivitas Brain Break Edukatif di Tengah Kelas

Santai tapi Serius: Aktivitas Brain Break Edukatif di Tengah Kelas


Tahu ngga sih?
Penelitian menunjukkan bahwa waktu belajar yang efektif hanya terjadi selama 30 menit dalam suatu proses pembelajaran. Kemampuan otak untuk menyerap informasi secara maksimal terjadi pada 15 menit pertama dan 15 menit terakhir. Padahal, realitanya durasi waktu belajar murid saat di sekolah bisa mencapai 45 - 60 menit per mata pelajaran. Akibatnya tak jarang murid mengalami rasa bosan, jenuh, bahkan kehilangan konsentrasi saat guru sedang menyampaikan dan menjelaskan materi.

Namun, tak perlu khawatir! Ada solusi yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan melakukan beberapa aktivitas brain break di sela proses belajar. Aktivitas ini merupakan sebuah pilihan yang sangat efektif untuk mengatasi masalah fokus pada murid dalam sesi pembelajaran karena murid bisa mengistirahatkan sejenak pikiran mereka dan membiarkan otak mereka mencerna materi yang telah diajarkan.

Ada banyak sekali pilihan aktivitas brain break yang bisa dilakukan saat di kelas, mulai dari menggerakan badan, melakukan permainan sederhana, seperti yang pernah di bahas pada Jurus Mengajar Inovatif sebelumnya, menggambar, berbagi cerita, dan masih banyak aktivitas menarik lainnya. Namun yang tak jarang diketahui oleh banyak orang, ternyata aktivitas brain break juga bisa berupa sesi edukasi singkat yang bisa memperluas pengetahuan murid. Penasaran bagaimana caranya? Kali ini Guru Juara dan Mentor akan berbagi cara mereka menciptakan aktivitas brain break yang menarik dan edukatif.

Santuy Sejenak: Sesi yang Selalu Dinantikan Murid

Di Kelas Live, kami memiliki sesi sendiri untuk melakukan aktivitas brain break di sela pembelajaran. Sesi ini disebut dengan Santuy Sejenak. Guru Juara dan Mentor selalu memberikan aktivitas yang berbeda di setiap pertemuan sehingga tak jarang CoFriends (sebutan untuk murid CoLearn) sangat antusias mengikuti pembelajaran karena menantikan sesi tersebut. Aktivitas yang ditawarkan juga disesuaikan dengan karakteristik CoFriends di kelas, sehingga setiap murid bisa tetap merasa "relate" dengan aktivitas yang dilakukan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh para Guru Juara dan Mentor berikut.

Santuy Sejenak dengan Bahasa Panda dan Padanan Istilah bareng Kak Khusnin

Mengajar kelas 12, membuat saya berinisiatif untuk memberikan sesi Santuy Sejenak yang berhubungan dengan persiapan tes untuk masuk jenjang berikutnya yang dikenal dengan UTBK. Melihat karakteristik CoFriends di kelas 12 yang cenderung lebih bersemangat untuk melakukan pembahasan soal, akhirnya saya mencoba membuat permainan kuis dengan referensi dari soal-soal TPS (Tes Potensi Skolastik) UTBK di tahun-tahun sebelumnya sebagai aktivitas Santuy Sejenak. Berhubung saya mengajar Matematika, jadi saya memilih soal-soal di luar subjek matematika seperti perhitungan ataupun pola bilangan agar CoFriends bisa merasa ini waktunya untuk mengistirahatkan pikiran sejenak dari topik yang sedang mereka pelajari. Simak cuplikannya pada video berikut.

Santuy Sejenak membahas Bahasa Panda

Santuy Sejenak membahas Padanan Istilah

Melalui aktivitas ini, CoFriends di kelas 12 menjadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Ditambah lagi beberapa respon dari CoFriend yang meminta sesi Santuy Sejenak yang serupa di sesi berikutnya untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengerjakan soal TPS UTBK.

Santuy Sejenak yang edukatif seperti ini layak dicoba di kelas yang memang fokus belajarnya untuk mempersiapkan ujian. Mereka bisa tetap mendapatkan pengetahuan baru dengan cara yang menyenangkan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan aktivitas yang serupa:

  1. Lakukan riset mengenai topik-topik apa saja yang akan diujikan pada ujian murid saat UTBK.
  2. Pilih beberapa pertanyaan dan soal yang jarang mereka dapatkan di sekolah atau bisa juga di luar matematika. Contoh: Bahasa Panda, Bahasa Baku, ejaan yang tepat, padanan istilah yang jarang diketahui orang, dan sebagainya.
  3. Desain aktivitas menjadi sebuah permainan yang seru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  4. Percaya diri dalam membawakan permainan dan menyampaikan penjelasan.

Santuy Sejenak dengan Gibberish-Kim bareng Kak Gung

Di Kelas Live Kimia, materi unsur dan senyawa bisa dibilang susah-susah gampang untuk dimengerti oleh CoFriends, karena namanya yang unik dan sering kali berbeda dengan penyebutannya di kehidupan sehari-hari. Untuk itu, saya mencoba melakukan aktivitas Santuy Sejenak yang bisa membantu CoFriends mengenal jenis-jenis unsur dan senyawa kimia dengan cara yang seru dan menyenangkan melalui permainan Gibberish-Kim.

Buat yang belum tahu apa itu Gibberish, Gibberish adalah perkataan atau tulisan yang membingungkan namun bila dirangkai dan diucapkan bisa menjadi sebuah kata yang bermakna. Gibberish juga termasuk dalam golongan permainan kata yang membutuhkan ketelitian dan konsentrasi untuk dapat menyelesaikannya. Sedangkan Gibberish-Kim sendiri merupakan pengembangan dari Gibberish yang menyelipkan unsur dan senyawa kimia dalam permainannya. Supaya lebih jelasnya, langsung saja simak cuplikan video berikut.

Santuy Sejenak Gibberish Kim

Dalam melakukan permainan Gibberish-Kim, berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

  1. Kumpulkan nama-nama unsur atau senyawa yang umum dan sekiranya diketahui oleh CoFriends (mulai dari yang mudah hingga sulit).
  2. Ubah nama-nama unsur dan senyawa kimia tersebut menjadi kata dalam bahasa Inggris yang penyebutannya menyerupain nama unsur dan senyawa tersebut (kata yang digunakan tidak harus memiliki arti yang saling berhubungan satu sama lain).
  3. Boleh menggunakan gambar-gambar yang bisa menjadi clue untuk menebak jawaban.
  4. Berikan instruksi yang jelas terkait apa yang harus dilakukan dan beri contoh sederhana untuk memudahkan murid memahami permainan.

Guru menjadi kunci dalam permainan ini. Santuy sejenak dikatakan sukses ketika guru berhasil membuat aktivitas yang menyenangkan dilakukan oleh murid. Caranya adalah dengan guru membawakannya dengan semangat dan positif. Ingat, tujuannya adalah untuk menyegarkan kembali pikiran murid setelah belajar. Jauhkan segala hal yang bisa membuat murid tertekan dan justru tidak semangat dalam belajar.

Itulah dua aktivitas brain break inovasi dari Guru Juara dan Mentor CoLearn yang menggabungan sesi Santuy Sejenak dengan pengetahuan. Jadi, bukan hal yang tidak mungkin untuk menambah wawasan dengan cara yang asik dan menyenangkan!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing