Persiapkan Murid Sukses PTS dengan Kelas Kreatif

Persiapkan Murid Sukses PTS dengan Kelas Kreatif

Tak terasa setengah semester pembelajaran akan berlalu, sudah siap untuk menghadapi PTS?

Penilaian Tengah Semester atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTS merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi kemampuan murid dalam memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya di kelas. Selain itu, PTS juga digunakan sebagai tolak ukur bagi guru untuk menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan selama setengah semester. Setiap murid tentunya ingin mendapatkan hasil yang terbaik sehingga diperlukan persiapan yang matang sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal. Kemampuan individu menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai kesuksesan, namun yang tak boleh ketinggalan adalah peran guru juga berpengaruh dalam mendukung siswa mencapai kesuksesan saat penilaian, yaitu dengan memberikan persiapan menjelang PTS.

Bagi sebagian guru, mempersiapkan PTS bukanlah suatu hal yang mudah. Selain karena perlu mengulang materi yang cukup banyak dalam satu waktu tertentu, pemahaman murid yang berbeda-beda juga menjadi tantangan sendiri yang tak bisa dihindari. Namun tak perlu khawatir, Guru Juara CoLearn punya beberapa cara unik dan tips menarik untuk membantu para pengajar mempersiapkan PTS yang tentunya sangat bisa diaplikasikan di kelas manapun.

Latihan Soal sambil Jelajah Virtual bareng Evelyn

Mempersiapkan PTS selalu identik dengan latihan atau mengerjakan soal untuk mengingat dan memantapkan materi-materi yang telah diajarkan sebelumnya. Kegiatan ini, bagi sebagian murid dapat terasa monoton dan membosankan. Apalagi bagi murid yang belum terlalu memahami konsep dari materi sebelumnya, tentu akan membuat antusias untuk mengerjakan soal semakin berkurang. Alhasil persiapan PTS pun menjadi kurang maksimal.

Melihat kondisi seperti itu, sebagai guru saya tidak kehabisan akal untuk tetap melakukan persiapan PTS yang interaktif dan edukatif. Cara yang coba saya lakukan adalah dengan membuat murid mengerjakan latihan soal sambil jalan-jalan virtual bertemakan "Jelajah Indonesia". Jadi saya mengajak murid menjelajah beberapa daerah yang ada di Indonesia kemudian saya akan memberikan fakta menarik tentang daerah tersebut sambil melakukan review konsep untuk mengerjakan latihan soal. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya murid lebih tertarik dalam mengerjakan soal, sehingga meningkatkan semangat untuk terus berlatih dan belajar.

Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk sesi jalan-jalan virtual:

1. Menyiapkan ilustrasi mengenai perjalanan ke daerah yang ada di Indonesia atau tempat-tempat menarik dan menyediakan kuis tentang budaya yang ada di tempat tersebut.

2. Sebelum memulai perjalanan, tanyakan daerah asal murid dengan mengajak mereka memberikan anotasi pada peta Indonesia yang telah disediakan dalam bentuk slide supaya lebih interaktif dan mereka bisa saling mengenal teman sekelas.

3. Membuat dan menceritakan narasi menarik sambil mengajak murid untuk menjelajah daerah/tempat yang telah dipersiapkan. Saya menggunakan 5 pulau yang ada di Indonesia.

4. Menyelipkan review konsep materi pembelajaran di sela-sela perjalanan.

5. Gunakan aplikasi Kami untuk menambahkan objek pada slide materi yang telah dibuat tanpa mengganggu jalannya presentasi sehingga guru tidak perlu melakukan perubahan slide saat mengajar.

Sebagai contoh, saya menggunakan karakter Coco (karakter burung CoLearn) sebagai penanda tempat yang sedang dijelajahi. Nantinya ketika dibutuhkan, karakter Coco bisa dipindahkan/digerakkan sesuai dengan tempat yang akan dijelajahi berikutnya.

6. Supaya lebih menarik, saya menambahkan instrumen lagu daerah sesuai tempat yang sedang dijelajahi dan memberikan kuis mengenai budaya yang ada di tempat tersebut.

7. Selanjutnya, saya memberitahukan jawaban kuis yang dan menjelaskan secara singkat fakta menarik mengenai budaya daerah tersebut lalu mengajak siswa untuk mengerjakan soal sebagai tantangan mereka di tempat tersebut. Jika sebagian besar dari siswa dapat menjawab dengan tepat, mereka akan mendapat 1 bintang dan bisa melanjutkan perjalanan berikutnya.

Dengan menjelajah secara virtual, antusiasme murid dalam mengikuti persiapan PTS meningkat dibandingkan dengan hanya mengerjakan soal biasa. Selain dapat membuat murid mengingat kembali materi yang sebelumnya pernah diajarkan, cara ini juga bisa menambah wawasan murid mengenai pengetahuan umum. Tertarik untuk mencobanya di kelas?

Ajak Siswa Berburu Harta Karun bareng Millah

Mengajar kelas untuk persiapan PTS adalah hal yang menurut saya susah susah gampang. Biasanya kelas ini hanya fokus untuk membahas soal-soal persiapan ujian yang cenderung 'gitu-gitu aja' sehingga membuat murid mudah merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Enggan menyerah dengan keadaan, saya berpikir untuk mencari cara alternatif untuk mempersiapkan PTS dengan cara yang lebih menarik, salah satunya adalah dengan menggunakan metode story-based learning atau cerita interaktif untuk meningkatkan partisipasi dan motivasi murid dalam mengikuti pembelajaran.

Di Kelas Live, saya mengajar kelas persiapan PTS bertemakan 'treasure hunt' atau berburu harta karun dimana murid harus menyelesaikan setiap tantangan yang berisi soal untuk mendapatkan 'clue' yang mengarahkan mereka pada tempat harta karun.

Ingin mencobanya di kelas? Simak langkah-langkah berikut, ya!

  1. Siapkan bahan ajar berupa slide yang sesuai dengan tema, yaitu peta harta karun.
  2. Berikan narasi persuasif kepada murid untuk bersama-sama memburu harta karun.
  3. Jelaskan aturan permainan, yaitu untuk mendapatkan harta karun, murid harus menyelesaikan tantangan yang berisi soal sesuai ilustrasi pada peta yang ditampilkan.
  4. Berikan clue pada murid apabila mereka berhasil menyelesaikan tantangan atau menjawab soal dengan benar. Ini memotivasi mereka untuk mengusahakan yang terbaik dalam menjawab soal.
  5. Gunakan backsound yang sesuai dengan tema untuk membuat pembelajaran lebih menarik.

Beberapa kreasi dalam kelas ini mengubah persepsi murid mengenai persiapan PTS yang jenuh dan membosankan. Murid juga menjadi lebih aktif untuk berpartisipasi dalam pembelajaran dari awal hingga akhir. Pesan saya buat teman-teman sesama guru, jangan takut untuk berinovasi dalam mengajar, karena kita tidak akan tahu jika tidak berani mencoba!


Millah akan berbagi lebih banyak cara praktis dalam membuat kegiatan kreatif untuk mempersiapkan murid menghadapi PTS di CoLearn Innovative Teaching Series. Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar secara langsung dan interaktif bersama Guru Juara dan Mentor CoLearn.
Daftar sekarang ke mengajar.colearn.id/events.

Tentang Penulis

Evelyn adalah Mentor Matematika lulusan S1 program studi Matematika Universitas Brawijaya. Menjadi asisten dosen selama 4 semester, tak menghalangi prestasi Evelyn di bidang lain seperti peraih Gold Medal di 7th Bali International Choir Festival dan Juara II & Intepretasi lagu terbaik di 2nd China-Indonesia Friendship Choir Competition.

Millah adalah Mentor Matematika dengan pengalaman mengajar selama 4 Tahun. Lulusan S1 Pendidikan Matematika Universitas Jember ini merupakan peraih predikat Cumlaude saat kelulusan dan penerima beasiswa pemerintah Kabupaten Jember.

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing