Rayakan Momen Spesial untuk Membangun Kedekatan dengan Murid

Rayakan Momen Spesial untuk Membangun Kedekatan dengan Murid

Sebagai guru, siapa yang tak ingin memiliki hubungan yang akrab dengan murid-muridnya? Selain bisa membuat suasana kelas lebih kondusif dan nyaman untuk belajar, murid juga merasa dihargai sehingga meningkatkan rasa percaya diri mereka. Lalu, apa yang perlu saya lakukan sebagai guru untuk dapat membangun hubungan yang baik dengan murid yang saya ajar?

Di CoLearn, kami selalu bereksperimen dan mencoba hal-hal baru untuk bisa memberikan pengalaman terbaik dalam belajar kepada murid. Salah satunya adalah dengan melakukan perayaan ulang tahun di kelas ketika ada murid yang bertambah usia. Perhatian kecil yang mungkin terlihat sederhana ini ternyata bisa membangun kedekatan dengan murid.

'Apakah mungkin merayakan ulang tahun murid dalam pembelajaran jarak jauh?' Jangan khawatir, simak cerita Guru Juara dan Mentor CoLearn dalam merayakan ulang tahun bersama murid di kelas!

Pertunjukan Sulap ala Lusi

Hari ulang tahun identik dengan pemberian hadiah bagi yang merayakan. Saya pun mau memberikan hadiah kepada murid di kelas saya yang saat itu merayakannya. Hadiah yang saya siapkan berupa beberapa aktivitas sederhana yang bisa menjadi hiburan di tengah proses belajar mengajar. Mau lihat hadiah dari saya untuk murid saya? Tonton cuplikan video berikut, ya!

Dalam menyiapkan hadiah untuk murid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Tentukan kegiatan sederhana yang memungkinkan untuk dilakukan di dalam kelas. Perhatikan waktu yang dibutuhkan karena jika terlalu lama bisa mengganggu waktu penyampaian materi.
  2. Pilih kegiatan yang belum pernah dilakukan di kelas-kelas sebelumnya untuk memberi kesan kejutan bagi yang berulang tahun.
  3. Tampilkan hadiah dengan cara yang interaktif, bisa menggunakan design slide menarik dengan ilustrasi kado yang belum terbuka atau langsung menunjukkan pilihannya.

Saya memberi pilihan aktivitas, seperti menonton sulap, request lagu saat latihan soal, dan mendapatkan persembahan lagu happy birthday dari teman sekelas. Ketiga kegiatan ini sangat mungkin dilakukan dan hanya membutuhkan waktu yang singkat. Pilihan hadiah juga langsung saya tampilkan sehingga murid bisa memilih aktivitas sesuai yang mereka inginkan.

Melihat respon yang positif dari murid-murid, saya percaya cara ini efektif untuk membangun kedekatan dan interaksi antara murid dan guru. Terlihat jelas bahwa siswa yang ulang tahunnya dirayakan di kelas merasa senang dan tidak menyangka kalau guru ingat dengan ulang tahun mereka. Murid yang lain pun ikut antusias merayakan ulang tahun teman mereka bersama-sama di kelas.

Tanya-tanya Seru dengan Q&A bareng Indri

Alternatif aktivitas yang bisa dilakukan untuk merayakan ulang tahun siswa adalah dengan memberikan sesi tanya jawab atau yang lebih dikenal dengan sebutan Q&A (Question and Answer). Pada kegiatan ini guru menyiapkan beberapa pertanyaan yang nantinya akan dipilih untuk dijawab oleh murid yang sedang berulang tahun. Selain sebagai perayaan ulang tahun, kegiatan Q&A juga bisa menjadi ajang interaksi murid untuk lebih mengenal satu sama lain.

Ingin mencoba menerapkan sesi Q&A di kelas kamu? Perhatikan langkah-langkah berikut ya!

  1. Buat 1 slide presentasi dengan tema ulang tahun (bisa dengan kue, lilin, kado, atau elemen lainnya) untuk mengumumkan murid yang sedang berulang tahun.
  2. Di slide berikutnya, siapkan beberapa pilihan pertanyaan untuk dipilih oleh murid lain. Di sini saya membuat 9 pilihan pertanyaan. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  3. Minta murid lain, yang sedang tidak berulang tahun, untuk memilih 3 pertanyaan untuk dijawab oleh murid yang berulang tahun. Jumlah pertanyaan yang dipilih dapat disesuaikan dengan waktu yang tersedia.

Selama kegiatan Q&A ini, murid-murid terlihat lebih aktif dengan menyalakan microphone dan berkomentar langsung atau melalui kolom chat untuk ikut merayakan temannya yang berulang tahun. Alhasil, mereka juga jadi semangat untuk menantikan perayaan ulang tahun di kelas-kelas selanjutnya.


Tentang Penulis

Lusi merupakan Guru Juara Matematika lulusan S1 Matematika ITB. Selain memiliki pengalaman mengajar Lusi juga pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Sekretariat Mathematical Challenge Festival.

Indri adalah Mentor Matematika di CoLearn dengan pengalaman mengajar selama lebih dari 2 tahun. Tak hanya sebagai lulusan S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, Indri juga berprestasi sebagai Juara 1 OSN bidang Biologi dan Top 10 English Journal Competition.

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing