Praktikum Online: Eksperimen Dari Mana Saja

Praktikum Online: Eksperimen Dari Mana Saja

Praktikum merupakan salah satu kegiatan penting yang tidak bisa dipisahkan dari proses belajar, khususnya pada ilmu sains. Dengan adanya praktikum, murid bisa mengetahui hubungan antara ilmu yang dipelajari dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari. Selain itu, praktikum juga dapat melatih keterampilan murid dan membantu mereka untuk lebih mudah memahami materi karena adanya visualisasi terkait topik yang dipelajari.

Biasanya praktikum dilakukan dengan praktik langsung di kelas maupun laboratorium yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan melatih kemampuan analisis murid dalam memberikan kesimpulan dari percobaan yang dilakukan. Dengan kondisi pembelajaran jarak jauh yang terjadi saat ini, saya berpikir 'apakah mungkin praktikum masih bisa dilakukan?' Tanpa mencobanya kita tak akan pernah tahu, bukan? Dengan berbagai persiapan, saya pun akhirnya bereksperimen untuk melakukan praktikum secara online ketika mengajar di Kelas Live.

Di kelas Kimia, saya mengajak murid melakukan praktikum sederhana dengan mencampurkan garam, susu, dan tepung ke dalam segelas air untuk mengenalkan materi Koloid serta contohnya dalam kehidupan nyata.  Praktikum dilakukan menggunakan 2 kamera; satu untuk merekam eksperimen dan satu lagi untuk merekam wajah guru yang sedang menjelaskan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan guru sehingga tidak kesulitan dalam mengatur posisi kamera ketika sedang melakukan percobaan.

Setelah praktikum selesai, jangan lupa untuk mendiskusikan hasil percobaan yang telah dilakukan. Kalau biasanya saat sekolah murid diberikan tugas untuk membuat laporan praktikum, berbeda halnya dengan praktikum online. Kita bisa membahas bersama hasil percobaan dengan menuliskan hasil pengamatan di slide yang telah disediakan seperti yang bisa dilihat pada video berikut.

Tertarik untuk mencoba praktikum online di kelas? Saya punya beberapa tips yang bisa membantu kamu mempersiapkan praktikum dengan baik.

  1. Pilih topik percobaan/eksperimen yang bisa dilakukan dengan barang-barang yang mudah untuk didapatkan dan sesuaikan dengan durasi waktu mengajar.
  2. Usahakan percobaan yang dilakukan adalah percobaan yang bisa dilakukan juga oleh murid dari rumah sehingga sebelum kelas kita bisa meminta mereka untuk mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  3. Gunakan dua kamera untuk memudahkan guru ketika melakukan percobaan dan menjelaskan secara bersamaan.
  4. Posisikan kamera dengan tepat dan berikan cahaya yang cukup, sehingga murid dapat melihat percobaan yang dilakukan dengan jelas.
  5. Siapkan slide yang menarik untuk membahas hasil percobaan yang telah dilakukan sehingga murid antusias untuk memberikan hasil pengamatannya.

Praktikum online ini berhasil meningkatkan keterlibatan murid selama pembelajaran di kelas. Respon positif yang saya dapatkan adalah ketika melihat murid yang biasanya pasif di kelas menjadi ikut berinteraksi dalam memberikan hasil pengamatannya selama praktikum berlangsung. Selain itu, bagi murid yang ikut melakukan percobaan sendiri dari rumah juga mendapatkan pengalaman baru dalam belajar dan mengingat momen seru yang terjadi selama percobaan meskipun dilakukan secara online.

Siapa sangka ternyata pembelajaran jarak jauh bisa tetap menyenangkan dan interaktif dengan adanya praktikum sederhana. Selain membantu untuk memahami materi yang disampaikan, siswa juga bisa melihat fenomena di sekitar mereka yang berhubungan erat dengan materi yang dipelajari.


Tentang Penulis
Windi adalah Guru Juara Kimia lulusan S1 Teknik Kimia Universitas Jenderal Ahmad Yani dengan pengalaman mengajar selama 3 tahun. Selama kuliah, Windi aktif menjadi asisten dosen selama 2 semester dan berprestasi menjadi Juara 1 Tandu Darurat Putri se-Jawa Barat.

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing