Pahami Konsep Matematika dengan Aktivitas Kreasi

Pahami Konsep Matematika dengan Aktivitas Kreasi

Sebagai guru Matematika SD, saya masih sering menjumpai murid yang lebih memilih untuk menghafal rumus dibandingkan memahami konsep matematika. Mereka yang menghafal cenderung kesulitan ketika mengerjakan latihan soal, apalagi ketika diminta memecahkan suatu masalah. Menghafal memang lebih mudah daripada memahaminya, tetapi ingatan dari hafalan juga bersifat jangka pendek. Itulah mengapa murid yang suka menghafal akan lebih mudah lupa dan akhirnya tidak bisa mengaplikasikan materi dengan baik. Berbeda dengan murid yang menggunakan metode memahami. Jika mereka sudah paham, konsepnya akan terus melekat dalam jangka panjang. Walaupun memang butuh proses yang tidak mudah untuk memahami suatu hal.

Dari pengalaman saya mengajar konsep bangun datar di Kelas Live Matematika, masih ada beberapa murid yang cenderung menghafal rumus luas dan keliling lingkaran. Rumusnya yang mirip ditambah hafalan murid yang mudah lupa, membuat penggunaannya menjadi sering kali tertukar. Saya berpikir, "Bagaimana ya caranya membuat murid lebih mudah memahami konsep luas dan keliling lingkaran sehingga mereka tidak hanya sekedar menghafal rumus saja?".

Jawaban dari pertanyaan itu mungkin bisa terjawab melalui sebuah aktivitas yang diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari-hari. Saya mencoba untuk melakukan aktivitas kreasi yang berhubungan dengan lingkaran. Saya mengajak murid untuk membuat kreasi jam dinding dari kertas. Proses ini dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut!

Tahap Persiapan

  1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti, jangka, spidol, gunting, kertas, dan pensil warna.
  2. Siapkan kamera kedua (selain kamera yang digunakan untuk mengajar), seperti kamera handphone atau eksternal kamera untuk mempermudah guru dalam membuat kreasi sambil mengajar.

Tahap Pelaksanaan

  1. Jelaskan kepada murid mengenai aktivitas yang akan dilakukan.
  2. Beri waktu pada murid untuk menyiapkan alat dan bahan.
  3. Gunakan kamera kedua untuk menampilkan proses kreasi agar murid menjadi lebih terbantu.
  4. Ajak murid membuat lingkaran dengan jangka sambil mempraktikkannya langsung.
  5. Minta murid untuk mewarnai bagian dalam lingkaran sambil menjelaskan bahwa daerah yang diwarnai merupakan luas.
  6. Bahas mengenai konsep luas dan rumusnya.
  7. Arahkan murid untuk menebalkan lingkaran bagian luar sambil menjelaskan bahwa garis lengkung yang sedang mereka tebalkan merupakan keliling.
  8. Bahas mengenai konsep keliling dan rumusnya.
  9. Lengkapi detail yang ada pada jam dinding dengan mengajak murid menuliskan angka.
  10. Gunting kertas berbentuk lingkaran sehingga menghasilkan kreasi jam dinding.
Penggunaan kamera kedua untuk mempraktikkan kreasi jam dinding
Instruksi saat melakukan kreasi jam dinding

Aktivitas kreasi tidak sekedar membantu murid memahami perbedaan konsep luas dan keliling lingkaran. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk menghidupkan kembali suasana kelas agar lebih menyenangkan dan tidak terpaku pada materi pembelajaran. Terbukti, pada pelaksanaannya di Kelas Live antusiasme murid dapat bertahan sepanjang pembelajaran. Kini murid tidak lagi menghafal rumus matematika, mereka memahami konsep matematika bahkan penerapannya di dalam kehidupan.

Foto bersama di akhir kelas dengan menunjukkan hasil kreasi masing-masing murid

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing