Jadikan Latihan Soal Seru dengan Kotak Ajaib

Jadikan Latihan Soal Seru dengan Kotak Ajaib

"Proses tidak akan mengkhianati hasil," adalah sebuah ungkapan yang tidak asing lagi di telinga kita. Proses ada untuk membentuk kita menjadi lebih baik melalui setiap lika liku menuju tujuan yang ingin dicapai, termasuk juga dalam hal belajar. Untuk bisa menguasai suatu materi perlu ada proses yang dilewati mulai dari pengenalan, pemahaman materi, sampai pengujian pemahaman. Sebelum menguji pemahaman murid, ada sesi latihan soal yang menjadi salah satu media untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan murid.

Namun, bagaimana kegiatan latihan soal selama ini dilakukan?

Kebanyakan sesi latihan soal mengharuskan murid untuk mengerjakan soal yang mungkin belum mereka kuasai. Latihan soal juga cenderung monoton dan membosankan sehingga sering kali menjadi bagian yang kurang dinantikan oleh murid-murid. Padahal, latihan soal merupakan salah satu cara yang efektif untuk belajar dan menguji pemahaman tentang materi yang sedang diajarkan.

Saya mencoba menerapkan cara mengajar invoatif untuk kembali menghidupkan suasana kelas saat sesi latihan soal, yaitu dengan permainan kotak ajaib. Permainan ini dilakukan menggunakan ilustrasi berupa kotak dan angka pada slide pembelajaran di sesi latihan soal. Setiap kotak memiliki isi yang berbeda-beda, ada yang berisi soal latihan, pertanyaan benar atau salah, dan pertanyaan umum untuk lebih mengenal satu sama lain. Siswa harus memilih salah satu kotak, untuk menentukan pertanyaan ataupun soal yang perlu mereka jawab.

Untuk membuat kegiatan ini jadi lebih seru, saya menyiapkan beberapa aturan permainan:

  • Jika murid memilih kotak yang berisikan pertanyaan umum, maka hanya murid yang terpilih akan menjawab pertanyaan tersebut.
    2.
  • Jika murid memilih kotak yang berisikan soal maupun pertanyaan benar atau salah, maka seluruh murid yang ada di kelas akan ikut menjawab pertanyaan itu.

Cara ini saya gunakan untuk mengajak murid lebih aktif dan semangat dalam semangat dalam mengerjakan soal sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan tidak membosankan.

Lalu, bagaimana cara bermainnya?

  1. Siapkan daftar nama murid yang hadir di kelas untuk menunjuk murid yang akan memilih kotak ajaib. Di sini saya menggunakan cara undian dengan bantuan aplikasi Wheels of Names.
  2. Buatlah ilustrasi slide yang interaktif berupa kotak dengan angka berisi 3 hal berikut: soal, pernyataan benar atau salah, dan pertanyaan umum.
  3. Berikan beberapa aturan dalam permainan, seperti pertanyaan mana yang harus dijawab bersama-sama dan pertanyaan mana yang hanya dijawab oleh orang yang terpilih.
  4. Jelaskan aturan dan alur permainan dimana murid yang terpilih akan ditunjuk untuk memilih kotak dengan menyebutkan angka yang mereka inginkan.
  5. Pengajar akan membuka kotak sesuai angka yang dipilih oleh murid.
  6. Persilakan murid untuk menjawab soal ataupun pertanyaan sesuai dengan yang ditampilkan di balik angka yang telah dipilih.

Melalui permainan kotak ajaib, setiap murid bisa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Ketika nama mereka terpilih, mereka harus memberikan respon untuk memilih kotak mana yang akan mereka jawab. Selain itu, sesi latihan soal menjadi lebih komunikatif karena tidak hanya sekedar mengerjakan soal yang langsung muncul di slide tetapi juga adanya interaksi antara murid-murid dan guru selama proses belajar mengajar.


Tentang penulis

Azizah adalah Guru Juara Fisika di CoLearn dengan pengalaman mengajar lebih dari 3 Tahun. Azizah juga menyandang predikat cumlaude saat menjadi lulusan S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Selain berprestasi di bidang akademik, Azizah juga pernah menjabat sebagai Ketua bidang Abdi Mahasiswa Himpunan Fisika Nucleon Universitas Negeri Malang.

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing