• Matematika
  • Aljabar Kelas 10 SMA
  • Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel
  • Pertidaksamaan Rasional

Video solusi : Nilai x yang memenuhi pertidaksamaan (x^2+4x-5)/(2x^2-13x-7)>=0 adalah ....

Teks video

jika kita melihat hal seperti ini makan di Transmart Bali bahwa dalam pecahan penyebut tidak boleh sama dengan nol karena jika penyebut sama dengan nol maka peta tersebut akan tak terdefinisi jadi syarat utama dari pertidaksamaan penyebab tidak boleh sama dengan nol untuk mengerjakan soal ini kita dapat gunakan metode pemfaktoran jadi di sini x kuadrat + 4 X min 5 di pembilang kita faktor kan kita dapat langsung x + 5 dikali x min 1 penyebutnya itu 2 x kuadrat min 13 x min 7 Kita faktorkan juga kita dapat 2 x + 1 * x min 7 tandanya itu lebih besar sama dengan nol kemudian langsung saja kita sama dengan nol Kan semuanya jadi di sini di pembilang dulu ada dua faktor yaitu pertama x + 5 B = 0 kita dapat X = minus 5 Kemudian yang kedua itu x min 1 sama dengan nol kita dapat x = 1 kemudianuntuk menyebut kita ingat penyebut tidak boleh sama dengan nol maka syaratnya itu 2 x + 1 tidak boleh sama dengan nol maka X tidak boleh = minus setengah kemudian syarat kedua yaitu kita lihat di X min 7 nya ini untuk faktor kedua jadi X min 7 juga tidak boleh sama dengan nol berada di penyebut maka X tidak boleh sama dengan dari 7 kemudian langkah selanjutnya kita mau angka akan didapatkan itu minus 517 dan minus Tengah ke dalam bilangan jadi kita bentuk dulu garis bilangannyakemudian kita masukkan nilai-nilai sudah didapatkan urut dari yang paling kecil jadi yang paling kecil berarti minus 5 kemudian minus setengah kemudian 1 kemudian 7 Nah kita hitamkan atau kita bulatkan penuh bilangan yang berada di pembilang itu minus 5 dan 1. Kenapa di penyebab tidak di hitam karena penyebut tidak boleh bernilai nol jika ini nilainya merupakan himpunan penyelesaiannya penyebut akan menjadi bernilai nol sehingga pecahan tak terdefinisi selanjutnya kita lakukan uji daerah Bagaimana cara uji daerah kita ambil titik nol di sini untuk mempermudah jadi misalnya 0 berada di interval antara minus setengah hingga satu dan kita langsung masukkan atau kita substitusikan nilai x dengan nol dari persamaan yang ini persamaan akhirnya yang sudah saya kotak merah. Jadi kita itu di sini x + 5 berarti 0 + 5 jadi 50 - 1 - 1 per 2 dikali 01 per 11 dikali 0 minus 7 berarti minus 7 ini jadinya - 5 - 7 jadi hasilnya Bilangan positif maka interval ini tandanya adalah positif kemudian setiap titik yang memiliki faktor berpangkat ganjil maka tandanya akan berubah misalnya dari positif menjadi negatif balikin dan negatif jadi positif contoh disini kita lihat semua faktor itu pangkatnya ganjil atau pangkat 1 jadi di setiap titik tanda berubah jadi di sini negatif di sini positif sisi negatif kemudian di sini positif jadi bisa kita selang-seling itu tandanya nggak perlu kita uji coba di setiap interval. nah, kemudian kita lihat di soalnya diminta adalah lebih besar sama dengan 0 artinya yang bertanda positif maka himpunan penyelesaiannya adalah yang ini yang bertanda positif atau tuliskan interval ini yang paling kiri berarti X lebih kecil sama dengan minus 5 atau ini minus setengah lebih kecil dari X lebih kecil sama dengan 1 atau X lebih besar dari 7 jadi pilihan jawabannya adalah yang D sampai juga di pertanyaan berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing