• Matematika
  • STATISTIKA Kelas 12 SMA
  • Statistika Wajib
  • Distribusi Frekuensi

Video solusi : Beberapa kota besar di Indonesia yang terpilih diuji kualitas udaranya dari polusi. Berikut merupakan data jumlah hari di mana kota-kota tersebut dideteksi mempunyai kualitas udara yang buruk pada tahun 2010 dan 2015. Buatlah distribusi frekuensi dan histogram untuk masing-masing tahun dan bandingkan hasilnya.

Teks video

disini kita ada soal tentang statistik untuk soal seperti ini kita langsung perhatikan pada data yang diberikan pertama kita membuat distribusi frekuensi untuk membuat distribusi frekuensi kita harus ingat rumus sturges rumus sturges adalah mencari banyaknya kelas yang dibutuhkan rumus berjasa dalam k = k disini banyaknya kelas = 1 + 3,322 x log nn disini adalah banyaknya data kita perhatikan n pada soal adalah 30 baik untuk tahun 2010 dengan data 2015 jadi sama-sama 30 kita masukkan N = 30 maka 1 + 3,322 x log 30 hasilnya adalah 5907 dari sini mangkanya kita bulatkan menjadi 6 jadi ada 6 kelaskemudian kita mencari range dari data yang diberikan untuk Ren pada data 2010 kita dapat 95 dikurang 0 yaitu 95 kemudian lensa atau jangkauan dari data 2015 adalah data terbesar dikurang data terkecil jadi 138 dikurang 0 hasilnya adalah 138 setelah mencari range atau jangkauan yaitu Selisih dari nilai terbesar dengan nilai terkecil kita mencari panjang kelas panjang kelas kita tulis sebagai yang pertama 2010 data tahun 2010 adalah dari 2010 dibagi dengan K jadi 95 dibagi 6 Hasilnya adalah 15,83 kita bulatkan menjadi 16 untuk panjang kelasnya berikutnya kita mencari panjang kelas untuk data tahun 2015 = dari data tahun 2015 per jadi 138 dibagi 6 hasilnya adalah 23 kita lanjutkan pada bagian berikutnya untuk membuat tabel distribusi frekuensi setelah mencari banyaknya kelas dengan rumus sturges dan panjang kelas untuk setiap kelas kita membuat tabel distribusi frekuensi pertama untuk tahun 2010. Tolong banyaknya hari kemudian setelah banyaknya hari kita buat kolom frekuensi kita tulis have untuk banyak ya hari pertama kita mulai dari nol sampai 15 untuk panjang kelas 16 perlu kita perhatikan kelas adalah dari 0 sampai 15 jadi dikurangi 1 kita lanjutkan ke kelas berikutnya 16-31 kemudian 32 sampai 47 lalu 48 sampai 63 berikutnya 64 sampai 79 kelas terakhir 80 sampai 95. Kemudian untuk frekuensi 15 55221 ini adalah tabel distribusi frekuensi untuk tahun 2010 Sekarang kita ke tahun 2015 dengan cara yang sama ada dua kolom yang pertama kolom banyaknya hari kedua kolom untuk frekuensi kita tulis untuk banyaknya hari kita lihat panjang kelas adalah 23 maka dikurangi 1 jadi 20 20 sampai 22 dimulai dari nol kelas berikutnya 23 sampai 45 selanjutnya 46 sampai 68 kemudian 69 sampai 91 lalu 92 sampai 114 kelas terakhir 115-130 kapan Kemudian untuk frekuensi 26 10 10 2 ini lah tabel distribusi frekuensi untuk tahun 2000 15 kita lanjutkan pada bagian berikutnya untuk membuat histogram pada tahun 2010 kemudian 2015 sebelumnya kita sudah mencari tabel distribusi frekuensi untuk tahun 2010 dan tahun 2015 sekarang kita perhatikan untuk membuat histogram tahun 2010 kita perhatikan dari tabel distribusi frekuensi sebelumnya. Apabila kelas pertama 0 sampai 15 di mana nol merupakan batas bawah atau BB kemudian 15 adalah apa kita tulis bawa kemudian kita mencari tepi atas dan tepi bawah dengan cara tepi atas saat Alpha = B ditambah 0,5 kemudian tepi bawah kita tulis TB = BB dikurang 0,5 untuk kelas pertama 0 sampai 15 maka rentang tepi bawah sampai tepi atas adalah minus 0,5 sampai 15,5 Karang kita mencari rentang tapi bawah sampai tapi atas dari setiap kelas yang pertama minus 0,5 sampai 15,5 yang kedua 15,5 sampai 31,5 yang ketiga 31,5 sampai 47,5 berikutnya 47,5 sampai 63,5 selanjutnya 63,5 sampai 79,5 kelas yang terakhir 79,5 sampai 95,5 kemudian kita buat Untuk frekuensi-frekuensi masih tetap sama 15 55221 kita perhatikan pada ada dua sumbu sumbu y frekuensi sumbu x untuk banyaknya hari kita lihat pada banyaknya hari ada minus 0,5 sampai 15,5 untuk kelas sama kemudian ada 15,5 lagi sampai 31,5 untuk kelas kedua jadi untuk Instagram tapi atas dari kelas pertama berhimpitan dengan tapi banyak dari kelas kedua jadi sama-sama 15,5 dengan cara yang sama begitu juga untuk kelas kelas yang lainnya. Jadi kita menggambarkan diagram batang seperti ini kemudian tinggi batang menyatakan frekuensi dari setiap kelas di sini 15552 2 dan yang terakhir 1 kita lanjutkan pada bagian berikutnya untuk mencari histogram tahun 2015 sebelumnya kita sudah membuat Instagram untuk tahun 2010 sekarang kita membuat Instagram untuk tahun 2015 kita perhatikan dengan cara yang sama kita mencari rentang tepi bawah sampai yang tepi atas TB sampai ta klub pertama minus 0,5 sampai 22,5 dari tabel distribusi frekuensi kelas berikutnya 22,5 sampai 45,5 kelas ketiga 45,5 sampai 68,5 kelas berikutnya 68,5 sampai 91,5 lalu 91,5 sampai 114,5 kelas yang terakhir 114,5 sampai 138,5 Berikutnya kita membuat kolom untuk frekuensi kita tulis have ada 26 10 10 yang terakhir 2 sekarang kita perhatikan untuk histogram disamping ini histogram merupakan diagram batang jadi ada 2 subuh frekuensi sebagai sumbu y sumbu x yaitu banyaknya hari kemudian tinggi batang menyatakan frekuensi di sini ada 26 kemudian 1 lalu tidak ada batang berarti frekuensi 0, kemudian 10 dan yang terakhir 2 penuh ingat kembali bahwa tepi atas dari kelas pertama sama dengan tepi bawah dari kelas berikutnya jadi ada 22,540 koma 5 dan seterusnya kita lanjutkan pada bagian berikutnya untuk membandingkan histogram tahun 2010 dengan histogram tahun 2015 sekarang kita bandingkan histogram tahun 2010. dengan program tahun 2015 tipe G tahun 2010 ada di sebelah kiri histogram tahun 2015 ada di sebelah kanan kemudian kita perhatikan untuk frekuensi 2010 dan 1555 221 kemudian tahun 2015 ada frekuensinya 26 10102 kita bandingkan data pada tahun 2010 dengan 2015 pada tahun 2010 kelas pertama di sini minus 0,5 sampai 15,5 frekuensinya ada 15 kemudian kelas pertama di 2015 - 0,5 sampai 22,5 ada 26 kemudian kita perhatikan jumlah frekuensi setelah kelas pertama pada tahun 2010 kita perhatikan ada 15 Kota yang kualitas udara buruk Kemudian pada tahun 2015 kita perhatikan setelah kelas pertama ada 4 kualitas udara buruk jadi kita perhatikan disini pas pertama dari 2015 sampai 22 setengah kemudian 2010 hanya sampai 15,5 saja kita asumsikan kemungkinan terburuk jika 5 disini berada di bawah 22,5 maka digabungkan ke-15 menjadi 20 namun pada 2015 ada 6 jadi banyaknya kota bertambah artinya adalah kualitas udara membaik kemudian ada juga yang di atas 95,5 yaitu 1,5 sampai 138,5 artinya di sini kualitas udara semakin memburuk Kesimpulannya adalah ada yang kualitas udaranya membaik dengan indikator meningkat menjadi 26 ada kualitas udara yang memburuk sampai jumpa pada pertanyaan berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing