• Matematika
  • STATISTIKA Kelas 7 SMP
  • STATISTIKA
  • Penyajian Data Menggunakan Diagram

Diagram di bawahini menunjukkan data banyaknya siswa kelas IX SMP Ceria pada tahun 2007 sampai tahun 2013 . Data Banyak Siswa Kelas VIII SMP CeriaBanyak Siswa200 180 160 140 120 100 80 60 40 20 0 100 120 140 130 150 160 180 2007 2008 2009 2010 2011 2012 2013TahunBanyaknya siswa perempuan kelas IX pada tahun 2007 adalah sebanyak 55% dari total siswa pada tahun tersebut. Banyaknya siswa perempuan kelas IX pada tahun 2012 adalah sebanyak 40% dari total siswa pada tahun tersebut. Apakah dapat disimpulkan bahwa banyak siswa perempuan pada tahun 2007 lebih banyak dibandingkan pada tahun 2012? Jelaskan jawabanmu.

Teks video

Disini kita memiliki pertanyaan diagram dibawah ini menunjukkan data banyaknya siswa kelas 9 SMP ceria pada tahun 2007 sampai tahun 2013. Banyaknya siswa perempuan kelas 9 pada tahun 2007 jadi 2007 siswa perempuannya adalah 55% dari total siswa pada tahun tersebut dan total siswa pada saat itu adalah 100 orang siswa ini adalah total 100 siswa, maka untuk siswa perempuan untuk mencari siswa perempuannya karena diketahui 55% maka akan = caranya persentasenya dikalikan dengan total siswa maka 55 per 100 dikali dengan 100 coret-coret kita akan dapatkan 55 siswa perempuan pada tahun 2007 selanjutnya pada tahun 2012 pada tahun 2012 siswa perempuannya sebanyak 40% dari total siswanya total siswanya pada tahun 2012 adalah 160 siswa kita akan cari siswa perempuannya siswa perempuannya berarti 40% yang ditanya 40% maka 40% dikali dengan 160 siswa 40 per 100 dikali dengan 160 kita coret / 20 ini 25 kemudian akan = 2 * 160 kemudian dibagi dengan 5 yaitu 64 siswa kesimpulan kita adalah Apakah dapat disimpulkan bahwa banyak siswa perempuan pada tahun 2007 lebih banyak tidak karena setelah dihitung walaupun persentasenya lebih besar tetapi karena dikalikan dengan total siswanya maka total siswa tahun 2012 lebih banyak untuk siswa perempuannya sampai jumpa di pertanyaan berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!