Download

Mentok ngerjain soal? Foto aja pake aplikasi CoLearn. Anti ribet ✅Cobain, yuk!

www.colearn.id
Colearn Logo
  • Fisika
  • Statika Kelas 11 SMA
  • Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
  • Dinamika Rotasi

Sebuah silinder pejal dilepas dari puncak bidang miring tanpa kecepatan awal yang tingginya 6 meter. Bila kemiringan bidang miring 30 , maka waktu yang diperlukan sampai di dasar bidang miring ... dalam sekon (g=10 m / s^(2)) a. 12 d. 1,2 akar(3) b. 1,2 e. 1,2 akar(5) c. 1,2 akar(2)

Rekomendasi video solusi lainnya

Sebuah mobil mula-mula diam. Kemudian, mobil tersebut dihidupkan dan mobil bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s^2. Setelah mobil bergerak selama 10 s mesinnya dimatikan sehingga mobil mengalami perlambatan tetap dan mobil berhenti 10 sekon kemudian. Jarak yang ditempuh mobil mulai dari saat mesin dimatikan sampai berhenti adalah ....
02:15
Sebuah mobil mula-mula diam. Kemudian, mobil tersebut dih...
Sebuah mobil  (m=2 x 10^(3) kg)  semula bergerak dengan kelajuan konstan pada jalanan yang kasar. Tiba-tiba mesin mobil mati sehingga mobil mengalami perlambatan dan akhirnya berhenti, kecepatannya digambarkan seperti grafik berikut:  (g=10 m / s^(2)) 
Maka koefisien gesekan ban dengan jalan sebesar ....
A. 0,20
C. 0,30
E. 0,40
B. 0,25
D. 0,35
03:14
Sebuah mobil (m=2 x 10^(3) kg) semula bergerak dengan k...
Teks video

Kalau keren pada soal ini ada benda berupa silinder pejal yang dilepas dari puncak bidang miring dan kita akan mencari waktu yang diperlukan agar ia sampai di dasar bidang miring nya kita Gambarkan ini adalah silinder pejal nya kemudian tempelkan besar sudutnya di ini adalah Teta datanya diketahui yaitu 30 derajat dan kita. Gambarkan gaya-gaya yang bekerja pada benda nyata ada kayak Berapa besar warnanya ke bawah kemudian karena dicetak maka disini kita yang lainnya ketahui ke dalam dua komponen yang di samping sudut ini adalah setan kemudian yang sebelah sini sinteta bidang miringnya memberikan gaya normal sebesar n arahnya ke sini ya Atau tegak lurus kemudian diketahui bahwa ini silinder pejal nya dia menggelinding maka itu berarti dia tidak hanya bergerak translasi. Iya juga bergerak rotasi. Nah supaya ia bergerak rotasi maka di sini harus ada gaya yang menghasilkan torsi dalam hal ini gaya yang menghasilkan topinya Ini adalah gaya gesek ini yang supaya mengalami cepetan kesini gaya geseknya kita harus ke sini arahnya gaya geseknya sebesar F jarak yang ditempuhnya untuk sampai dasar itu adalah S kemudian lain adalah gaya berat yang dirumuskan dengan G maka di kali percepatan gravitasi bumi saya tanya 30° Oke karena ia juga bergerak rotasi maka disini kita bisa menggunakan hukum 2 Newton untuk dinamika rotasi nggak tahu sih sama dengan dikali Alfa jadi Sigma torsi atau momen gaya alat resultan momen gaya yang maksudnya disini Sigma torsi atau resultan momen gaya itu sama dengan momen inersia nya dikali dengan percepatan sudutnya seperti itu pakai perhatikan yang w&e di sini bekerjanya di pusatnya tidak akan menghasilkan torsi satu-satunya gaya yang menghasilkan adalah gaya gesek ini yang kita namakan torsi yang dihasilkan oleh gaya gesek di ini adalah torsi satu ya seperti itu jadi hikmat artinya ini hanya ada 1 buah Iya kita namakan topi satu tarian yang berasal dari gaya gesek ini kemudian ini adalah momen inersia dari silinder pejal untuk silinder pejal momen inersia nya rumusnya adalah 0,5 Mr kuadrat dengan m adalah massa dan R adalah jari-jari kemudian disini kita akan menganggap bahwa Bendanya ya ini tidak sulit maka berlaku Alfa atau percepatan sudutnya adalah a dengan a c adalah kecepatan liniernya pakai kemudian torsi itu merupakan Perkalian antara gaya dan lengan Gayanya yang saling tegak lurus maka torsi satu yang berasal dari gaya gesek yang berarti Gayanya itu adalah gaya gesek sendiri yaitu f x dengan dengan gayanya atau jarak dari aku ini bekerja ke titik pusat Ini yang mana itu merupakan jari-jari dari silindernya. Apa itu berarti kalau kita tuh itu adalah f x dengan R ya seperti itu sebenarnya untuk Turki di sini tandanya Jika a + b Min A Tetapi kan disini hanya ada satu buah torsi saja maka tidak apa-apa jika kita menganggap bahwa Ini bertanda positif bagi pemakainya dalam hal ini kita menganggap bahwa yang dihasilkan oleh gaya gesek Ini menghasilkan arah yang ke sini sedemikian rupa sehingga disini kita menganggap satu ini bertanda positif 1 positif dikali R = 0,5 M oke di sini aku kuadrat dibagi R Kan hasilnya itu adalah R ya jadi 0,5 M kemudian kedua ruas bisa dibagi dengan r = r diinstal lagi adalah jari-jarinya tinggal didapatkan F = 0,55 kemudian karena ia mengalami percepatan Translate kita bisa menggunakan hukum 2 Newton untuk gerak lurus nya yaitu f = m. * a kemudian tim efektif adalah Sultan gaya dalam arah sumbu-x ya Oke kalau bidang miring seperti ini maka suku ke-3 H dengan bidang miring kalau sumbu y i a tegak lurus dengan bidang miring nya ya makasih sms-nya ya Ada MG Sin Teta dan f dan untuk gaya yang searah dengan perpindahannya dikasih tanda positif Dikasih tanda negatif maka ini bikin katanya positif ya. Jadi kok itu m.g.sin kata-katanya 30 derajat dikurangi dengan gaya geseknya = M X dengan a kemudian B 30° itu adalah 0,5 kemudian kita masukkan es nya 0,5 Ma jadikan ini kedua ruas jika dibagi dengan n jika dibagi dengan massanya kemudian percepatan gravitasi bumi kita masukkan yaitu 10 meter per sekon kuadrat dikali dengan 0,5 kemudian ini jadi dikurangi dengan 0,5 a = a disini Min 0 Jika dipindahkan ke ruas kanan kiri kanan ditambah 0,5 hasilnya adalah 1,5 A jadi ini 10 dikali 0,5 hasilnya itu adalah 5 kemudian dibagi dengan 1,5 itu Sederhanakan hasilnya adalah 10 per 3 meter per sekon kuadrat kita dapatkan percepatan linear nya kemudian karena ia mendapatkan percepatan berarti kan kita bisa menggunakan konsep GLBB gerak lurus berubah beraturan dari konsep itu didapatkan bahwa S = 0 t + 0,5 t kuadrat jarak yang di tempuh dari sini ke sini juga sekalian segitiga ini kan = H dibagi dengan F maka itu berarti A = A dibagi dengan Sin Teta Ayah katanya 30 derajat kemudian titik 0 adalah kecepatan awalnya karena ia dilepas tanpa kecepatan awal maka kecepatan awalnya adalah 10 meter per sekon kemudian kain adalah waktu dari sini agar nya sampai datar maka kita akan mencari nilai dari t ini kemudian kita menggunakan tanda positif karena ia mengalami percepatan 0,5 nya kita jadikan setengah saja hanya didapatkan 10 per 3 kemudian ini di X dengan t kuadrat kemudian kita masukkan bahwa hanya di ketahui yaitu ini 6 m yang tingginya dari sini ke sini. Jadi kan dari sini ke sini kau adalah a yang kita namakan yaitu jika diketahui 6 meter jadikan 6 dibagi Min 30 derajat adalah 0,5 kemudian hasil dari luas tanahnya adalah 5 per 3 t kuadrat maka tekwan berat sama dengan kejadian ini dibagi ini 6 dibagi 0,5 hasilnya 12 kemudian 12 dikali hasilnya 36 maka 36 dibagi dengan 5 yang di sini seperti itu itu berarti kayaknya = akar dari 36 per 5 akar dari 36 adalah 6 kemudian dibagi dengan 5 dan ini kita rasionalkan ya tinggal didapatkan hasilnya adalah 6 per 5 akar 56 dibagi 5 hasilnya adalah 1,2 jadi ternyata waktu yang dibutuhkan agar ia sampai 1 = 1,2 yang 1,2 akar 5 sekon dioptri jawabannya itu adalah yang Oke sampai jumpa di pertanyaan berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

© 2023 CoLearn. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing