• Matematika
  • STATISTIKA Kelas 12 SMA
  • Statistika Wajib
  • Distribusi Frekuensi

Video solusi : Tabel berikut adalah tabel distribusi frekuensi berkelompok untuk data yang diperoleh dari hasil pengukuran tinggi badan 40 orang siswa. Tinggi Badan (cm) Frekuensi 140-144 3 145-149 6 150-154 8 155-159 10 160-164 7 165-169 10 170-174 1 Berdasarkan tabel tersebut, a. tuliskan banyak kelas dan tuliskan masing-masing kelas itu, b. tentukan batas bawah dan batas atas untuk masing-masing kelas, c. tentukan tepi bawah dan tepi atas untuk masing-masing kelas, d. tentukan panjang kelas dan titik tengah untuk masing-masing kelas, e. tentukan frekuensi dan frekuensi relatif untuk masing-masing kelas, f. tentukan kelas yang mempunyai trekuensi terbesar dan kelas yang mempunyai frekuensi terkecil.

Teks video

Jika kalian menemukan situs seperti ini yang perlu kalian lakukan hanyalah mencocokkan atau membaca tabel yang tersedia di sini pertanyaannya adalah Tuliskan banyak kelas dan tuliskan masing-masing kelas berarti kita bisa melihat banyak ada berapa Ada 1234567 ada 17 di sini berarti kita tinggal kelas berapa aja ada 40-44 ada kelas yang isinya punya tinggi badan 145 sampai 149 ada 150-154 155-159 160-164 165-169 dan yang terakhir 170-174 untuk pertanyaan jadi total ada 17. Nah, kemudian untuk pertanyaan by kita tinggal buat di sampingnya tanah yang ditanya adalah batas bawah dan batas atas dikatakan buat batas bawah dan batas. Atas pria di mana batas bawahnya itu adalah nilai terendah yang bisa masuk 143 144 145 149 150 150 4 153-160 9 160-164 165-169 dan terakhir 170-174 dari dua kolom ini adalah pertanyaan B untuk c. Tentukan tepi atas dan tepi bawah masing-masing kelas untuk tepi bawah. dan tepi atas itu kita tinggal menghitungnya adalah menambahkan setengah dari nilai satuan terkecil dan nilai positif kecil misalnya disini adalah tempat parkirnya satuan maka tapi bawahnya tinggal kita kurangi dari batas bawah nya setengah dari satuan tersebut 40 - 0,5 menjadi 139,5 tetapi misalnya kita punya kasus dimana Misalnya batas bawah nya adalah 1,5 Terus kemudian sampai 1,19. Soalnya ini kan ada angka di sini begini terus setengah dari angka ini berarti kita punya tapi bawahnya adalah 1,405. Jadi ini berlaku kalau kasusnya adalah punya angka desimal. Nah di sini ini tidak berlaku jadi kita tinggal kerjakan yang ini saja dengan satuan ini apa sih juga kita dengan teknik yang sama berarti 144 Tetapi kalau tepi atas kita harus tambahkan itu menjadi 144,5 biasa tapi atas dari kelas sebelumnya akan menjadi tepi bawah untuk kelas selanjutnya jadi di sini akan menjadi + 144,5 dan untuk cara mengerjakan yang cepat. Bagaimana kita cukup menghitung dari 1 porsi dulu jadi tepi bawah berarti kita kerjakan tapi bawahnya terlebih dahulu ada 9,5 ada 154,5 100 59,5 164,5 dan yang terakhir 169,5 kita tinggal salin aja karena tapi atasnya kelas sebelumnya akan sama dengan tepi bawah kelas sesudahnya berarti di sini pasti 149,5 154,5, 159,5 164,5 dan yang terakhir 169,5 untuk tepi atas yang terakhir kita bisa melihat lagi dari tabel dibawah nilai tepi batas atas nya adalah 174. Jadi kita tinggal tambahkan 0,5 mendapatkan hasilnya 174,5 ini adalah jawaban untuk pertanyaan. Tentukan panjang kelas dan titik tengah masing-masing kelas untuk panjang kelasnya saya akan buat hitam di sini saja saya akan beri nama usahakan oleh gaya untuk menghitung jumlah angka dari 140-144. Nah biasanya untuk mendapatkan panjang kelas itu seluruhnya akan punya panjang kelas yang sama biasa untuk tabel. Orang seperti ini jadi caranya kita tinggal mengurangi tepi atas kurangi tepi bawah ini dikurangi dengan ini dan sehingga kita bisa tahu kan semua elemennya akan bernilai sama yaitu 5 ya ini untuk kode untuk nilai tengahnya berarti caranya gimana kita tinggal menambahkan ini mungkin kita bagi dua saya akan Tuliskan titik tengahnya di sebelah kiri Oh jadi yang ini saya tidak jadi tulis tangan l ya saya akan ganti dengan titik merah di mana biasanya dilambangkan dengan x t Caranya tinggal ditambahkan dibagi 240 + 144 adalah 142 ya jadinya gini berarti jadi 147 ini 152-157 162-167 Dan Terakhir 172. Tentukan frekuensi dan frekuensi relatif untuk masing-masing kelas. Oh frekuensi masing-masing kelas kita sudah punya pada soal tinggal kita ambil dari sini kemudian Apa itu frekuensi kumulatif 6 frekuensi kumulatif sendiri biasa ada dua kali ini kita akan gunakan frekuensi frekuensi relatif kurang dari di mana kita akan menghitung jumlah data Sebelumnya saya disini akan lanjutkan tabel di sebelah sini di sampingnya ya di sini bahkan tabel tertentu di sini ini akan jadi frekuensi kumulatif dimana frekuensi kumulatif menghitung jumlah frekuensi sebelumnya dimana disini kita lihat sebelum 140-144 dia tidak ada data Jadi kita akan terus kalau dengan nol kemudian selanjutnya kita akan diisi di bawah 145. Kita kan punya datanya adalah 3 kemudian di bawah 150 total ini kita punya 9 jadi kita tambahkan aja frekuensi kelas-kelas sebelumnya Begitu juga dengan yang di sini berarti kita Tambahkan lagi dengan 8 9 + 8 adalah 17 lalu Tambahkan lagi dengan 1027 Tambahkan lagi dengan 734 Tambahkan lagi dengan 3 / 37 bentar kayaknya sepertinya kesalahan-kesalahan 17 03 72 73 seperti ini ini adalah jawaban untuk pertanyaan yang untuk pertanyaan air Tentukan kelas yang mempunyai frekuensi terbesar dan kelas yang mempunyai frekuensi terkecil maka kita bisa lihat dari frekuensi yang punya frekuensi terbesar terbesar itu adalah siklus 155-159 frekuensi adalah 10 sedangkan frekuensi kelas yang paling kecil adalah yang 170 motor kecil IPA adalah 170-174 karena hanya memiliki satu frekuensi. Jadi ini adalah jawaban untuk pertanyaan ini sampai jumpa pada pembahasan soal selanjutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing