• Fisika
  • Elektro Kelas 9 SMP
  • Kelistrikan dan teknologi Listrik di Lingkungan
  • Listrik Dinamis

Video solusi : Perhatikan grafik kuat arus terhadap waktu dari suatu kawat penghantar berikut. I (ampere) 10 10 t (sekon)Banyaknya muatan yang mengalir pada kawat kawat hingga detik kesepuluh adalah...

Teks video

Halo friend soal kali ini berkaitan dengan konsep listrik dinamis ya. Perhatikan di soal ini kita diberikan grafik hubungan antara kuat arus dengan waktu atau t pertanyaannya adalah Tentukan banyak muatan yang mengalir pada kawat sampai Detik ke-10 Nah kalau misalkan kita ingat lagi persamaan dari muatan itu kan ya salah satunya ini ya Perkalian antara kuat arus yang mengalir dengan waktu atau kali Dek nah dimana punyai muatan listrik yang mengalir di suatu penghantar ya naikkan dari 0 sampai 10 detik itu kuat arusnya berangsur-angsur meningkat ya. Jadi ada banyak sekali perubahan Nah kalau misalkan kita menggunakan cara seperti ini atau menghitung Satu persatu dari selang waktu 0 sampai 10 detik ini akan sangat lama sekali ya dan itu tidak efisien alternatif lainnya kita bisa mencari Nilai muatan ini dengan menghitung atau menentukan Berapakah luas daerah yang dibatasi oleh kurva yang ada di grafik sama TNI sembuh kayaknya atau dengan sumbu-x kalau teman-teman perhatikan ini kan dari 0 sampai 10 3 sampai sini ya daerah yang dibatasi oleh kurva dengan sumbu TNI itu kalau kita lihat merupakan daerah dengan yang berbentuk luasan segitiga ya. Nah besar muatan di soal ini punya = luas dari segitiga ini luas daerah ini ya berarti sama aja dengan setengah kali alas * tinggi alasnya dari 0 sampai 10 berarti 10 kemudian tingginya juga sama dari 0 + 10 jadi 10 juga Nah maka besar muatannya sama dengan setengah kali alasnya 10 tingginya 10 berarti 100 / 2 = 50 nilai satuannya hal yang bukan a satuan dari muatan listrik itu adalah kolom ini jawabannya ini yang c dengan catatan ini kita rawat satuannya dalam satuan Oke sampai berjumpa pada pertanyaan berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!