• Matematika
  • Statistika Kelas 5 SD
  • Pengumpulan dan Penyajian Data
  • Pengumpulan Data

Video solusi : Perhatikan data siswa pengunjung perpustakaan sekolah berdasarkan kelasnya selama hari berikut ini! III IV V VI VI II II I VI VI V IV IV III V V IV VI III II II I IV IV a. Jumlah pengunjung perpustakaan selama 1 hari adalah .... b. Pengunjung paling banyak adalah siswa kelas ..., yaitu ... orang. c. Jumlah pengunjung dari kelas I, II, dan III adalah .... d. Selisih banyaknya pengunjung paling banyak dan paling sedikit adalah .... e. Selisih banyaknya pengunjung siswa kelas VI dan kelas II adalah ....

Teks video

Halo adik-adik jika menemukan soal seperti ini dibaca dulu, ya. Perhatikan data siswa pengunjung perpustakaan pada sekolah berdasarkan kelasnya selama 1 hari seperti ini ya. Jumlah pengunjung perpustakaan dalam 1 hari pengunjung paling banyak dari kelas berapa Berapa orang jumlah pengunjung dari kelas 1 2 3, selisih pengunjung paling banyak dan paling sedikit dan selisih pengunjung di kelas 6 dan kelas 2 adalah pertanyaannya Sekarang kita mau buat adalah tabel frekuensinya ya Di Sini kakak kan buat seperti ini ini adalah kelasnya kelas berapa siswa nya kali ini adalah banyak pengunjungnya ya banyak siswanya di sini gimana kita mau tuliskan masing-masing nya ya kelasnya ada 123456 ini ya sekarang mau cari disini adalah anak-anak yang datang dari kelas 1. Ada 12 ada 2 ya sementara untuk kelas 2 ada 12 di sini 3 a 44 + 3. Ada berapa 123 hanya 3 + 4 ada berapa 1234 disini 56 ada 6 kelas 5 ada berapa 1234 kelas 6 terakhir adalah 12345 ada lima seperti ini ya Ini adalah untuk kelas dan banyaknya siswa nya kita mau lanjut ke langkah yang berikutnya ya langkah berikutnya apa kita mau sama-sama untuk cari jumlah pengunjung di perpustakaan selama 1 hari akan jadi berapa ya itu adalah kelas 1 kelas 2 Kelas 3 + kelas 4 kelas 5 ditambah dengan kelas 6 seperti ini ya cara mengerjakannya maka sekarang kita bisa cari ya untuk totalnya akan jadi berapa yaitu 2 + 4 + 3 + 6 + 4 dan + 5 maka untuk totalnya disini ada berapa 2 + 46 ya lalu di sini 2 + 46 + 39 + 6 + 15 + 49 + 54 Maka hasilnya adalah 24 satuan nya 24 sih suara atau pengunjung atau anak di sini ya untuk yang yang B pengunjung paling banyak roti yang angkanya paling besar 6 disini ya lalu kelas berapa ternyata disini itu kelas 4 ya kita jawab kelas 4 di sini sebanyak berapa orang ya 6 orang Baru lanjut lagi untuk yang c dimana adalah Jumlah pengunjung dari kelas 123 ya di sini jawab kita atau jawaban kita akan jadi adalah pengunjung di kelas 1 ditambah kelas 2 ditambah kelas gak naga untuk jawab kita di sini akan jadi berapa 2 + 4 + 3 maka dari itu jawaban kita akan jadi berapa 2 + 46 + 399 siswa di sini ya untuk yang di kertas berikutnya ya tetap fokus adik-adik semangat disini untuk yang ke-4 dan ke-5 ya ataupun di sini yang d&e dimana disini kita mau sama-sama langsung kerjakan lagi ya adik-adik tetap fokus ya selisih banyaknya yang paling banyak dan yang paling sedikit maka ini jawaban kita di sini ya akan jadi yang paling banyak Paling banyak tadi. 4 ya di sini kelas 4 akan kita kurangi dengan yang paling sedikit ya di sini dilihat dari jumlahnya ya tadi yang kelas 4 paling banyak Paling sedikitnya di kelas 1 ya karena jumlahnya hanya 2 ya di sini kelas 1, maka dari itu untuk jawaban kita nilainya kan jadi 6 - 2 berapa 6 kurangi 24 adalah jawaban kita ya yaitu 4 satuan nya jangan lupa 4 orang ya atau 4 siswa atau 4 pengunjung ya lalu berikutnya lagi ya di sini kita mau sama-sama langsung untuk kerjakan yang terakhir untuk yang selisih pengunjung kelas kelas 5 dan kelas 2 maka dari itu disini selisihnya akan menjadi berapa Kelas 6 dikurangi dengan yang kelas 12 2 seperti ini ya, maka dari itu selisihnya akan menjadi berapa Kelas 6 nya berapa? cicak ya ternyata 5 dikurangi yang kelas 2 ternyata berapa 4 ya, maka dari itu untuk selisihnya jadi berapa 5 dikurangi 4 yaitu sa11 satuannya ya siswa atau orang Korea kalian hebat berhasil mengerjakan soal seperti ini sampai jumpa di tahun berikutnya ya tetap semangat

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!