Download

Mentok ngerjain soal? Foto aja pake aplikasi CoLearn. Anti ribet ✅Cobain, yuk!

Diberikan tiga unsur dengan konfigurasi elektron sebagai berikut. P : 1s^2 2s^2 2p^6 3s^2 3p^6 Q : 1s^2 2s^2 2p^6 3s^2 R : 1s^2 2s^2 2p^6 3s^2 3p^3 Pernyataan yang sesuai mengenai unsur-unsur tersebut adalah ....

Teks video

Halo Ko Friends pada soal kali ini diketahui tiga unsur dengan konfigurasi elektronnya Nah kita diminta untuk menunjukkan pernyataan yang sesuai mengenai unsur-unsur tersebut pertama-tama kita tentukan golongan dari masing-masing unsur kita mulai dari Unsur P di sini Dia konfigurasinya berakhir di 3 s23 P6 elektron valensinya 2 ditambah 68 karena berhenti di orbital s p jadinya dia golongan 8A untuk periodenya dilihat dari kulit terbesarnya yaitu 3 lalu unsur Q disini berhenti di PS2 jadi aku elektron valensinya 2 berhenti di orbital S jadi dia 2A periode nya juga 3 untuk R di sini dia berhenti di 3S 2 3P 3 elektron valensi 2 + 35 orbitalnya s&p berarti golongan 5A dan periode nya juga masih di periode 3 langsung saja kita lihat dari pernyataan pada pilihan a unsurTermasuk ke dalam golongan alkali kita lihat nih, yaitu golongan 8A yang jelas-jelas bukan alkali yah, tapi gas mulia berarti pilihan a salah yang B Unsur P memiliki energi ionisasi terbesar sebelumnya energi ionisasi itu apa sih energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan untuk melepas 1 elektron dari kiri ke kanan energi ionisasi makin besar. Mengapa demikian karena seperti yang kita tahu dari kiri ke kanan itu muatan intinya bertambah positif dan jari-jarinya bertambah kecil makanya daya tarik inti dengan elektron valensi terluar nya makin kuat sehingga energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron juga semakin besar maka urutan energi ionisasi yang paling besar itu adalah unsur yang berada di paling kanan yaitu dimiliki Unsur P lalu disusul oleh unsurdan yang paling kecil Q maka untuk pilihan Unsur P memiliki energi ionisasi terbesar katakan tepat lalu kita lihat lagi di pilihan C keelektronegatifan unsur Q lebih dari R lebih dari P ke elektronegatifan itu adalah kecenderungan suatu unsur dalam menangkap elektron mulai dari P itu tadi adalah gas mulia sedangkan gas mulia itu Iya sudah stabil ya artinya Dia tidak memiliki nilai keelektronegatifan sedangkan keelektronegatifan R lebih dari Q jadi pilihan c tidak tepat lalu lanjut Unsur P Q dan R berwujud padat Nah tadi kita lihat peta itu adalah gas mulia Jadi tidak mungkin berwujud padat api gas yang M jari-jari atom unsur P lebih dari Q lebih dari R jari-jari atom adalah jarak inti atom keelektronegatifan terluar dari kiri ke kanan atau dalam satu periode jari-jari atomnya Makin kecil makaadalah Q lebih dari R lebih dari P yang juga tidak tepat pilihan yang benar ada pada pilihan B sampai bertemu lagi di soal berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

© 2022 CoLearn. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing