Download

Mentok ngerjain soal? Foto aja pake aplikasi CoLearn. Anti ribet ✅Cobain, yuk!

Buatlah sketsa grafik fungsi kuadrat berikut: y = x^2 + 4x

Teks video

Di sini ada soal. Buatlah sketsa grafik fungsi kuadrat berikut Y = X kuadrat ditambah 4 x untuk mengerjakan ini kita akan gunakan konsep fungsi kuadrat di mana bentuk umumnya itu y = AX kuadrat ditambah b x b + c maka kita lihat dari soal ini nilai a-nya ini = 1 lalu nilai ph-nya = 4 dan di sini kan nggak ada konstantanya berarti c-nya ini sama dengan nol Nah pertama-tama untuk membuat grafik fungsi kuadrat kita harus tentukan dulu dari nilai a-nya Nah kita lihat disini hanya kan satu kalau hanya satu kan berarti hanya lebih dari 0 kalau nilai a-nya ini lebih dari nol berarti nanti kurvanya akan terbuka ke atas. Selanjutnya kita akan cari nilai diskriminannya rumus diskriminan yaitu d. = b kuadrat min 4 ACUdah tahu nilai a b dan c nya sekarang tinggal kita masukin aja nih ke dalam rumusnya berarti b kuadrat maka 4 kuadrat min 4 dikali 1 dikali nol berarti nilainya sama dengan 16. Nah di sini udah tidaknya lebih dari nol kan karena di sini nilai diskriminannya lebih dari 0. Berarti si kurvanya ini nantinya akan memotong sumbu x di dua titik selanjutnya karena di sini memotong sumbu x kita akan cari titik potong di sumbu x nya Kalau mencari titik potong sumbu x berarti iya nya kita misalkan dengan maka 0 = x kuadrat ditambah 4 x berarti 0 = X dikali x ditambah 4 makan di sini bisa kita tulis X satunya sama dengan nol lalu X2 nya ditambah 4 sama dengan nol berarti x 2 = min 4Nah disini kita udah dapat titik aksen nih berarti disini kita dapat dua titik yaitu 0,0 dan juga Min 4,0. Selanjutnya kita akan cari titik potong di Kalau cari titik potong sumbu y Berarti kita misalkan x y = 0 maka y = 0 kuadrat ditambah 4 x 0 berarti di sini kita dapat kayaknya sama dengan nol berarti di sini kita dapat titik potong di sumbu y nya yaitu 0,0 Nah selanjutnya kita akan cari sumbu simetri untuk mencari sumbu simetri ini kita akan gunakan rumus yaitu X = min b per 2 a Di manakah tadi nilai a b sudah diketahui ini berarti X = min b nya yaitu 4 per 2 kali a nya 1 berarti kita dapat sumbu simetrinya di sini yaitumin 2 Nah selanjutnya kita akan cari titik puncaknya nih untuk mencari titik puncaknya di sini kita akan gunakan rumus min b per 2 A min b per 4 per 2 ini kah sama Nih kayak gini kan rumusnya makan di sini bisa langsung kita tulis yaitu min dua koma nadanya ini tadi kita udah Sari yaitu nilainya adalah 16 berarti MIN 16 per 4 x 1 jadi disini kita dapat titik puncaknya yaitu min dua koma Min 4 nah karena di sini kita udah tahu titik-titiknya ada juga bagaimana kurvanya terbuka ke atas atau ke bawah selanjutnya kita akan Letakkan titik-titik tersebut di bidang koordinatNah dari soal ini kan tadi diketahui bahwa titik potong terhadap sumbu x nya yaitu 0,0 dan Min 4,0 Berarti kira-kira ada di sini untuk titik 0,0 4,0 ada disini sumbu simetrinya yaitu min 2 dengan titik puncaknya yaitu Min 2,4 dan titik puncaknya tuh ada di sini. Nah selanjutnya kita akan hubungkan titik Nah setelah dihubungkan maka kurvanya akan terbentuk seperti ini terbukti ya bahwa kurvanya ini terbuka ke atas dengan memotong dua sumbu x ya kan di sini di sini lalu titik puncaknya adalah disini dan ini adalah sumbu simetrinya yaitu min 2 jadi sudah selesai sampai jumpa lagi pada Pertanyaan selanjutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

© 2022 CoLearn. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing