• Matematika
  • Statistika Kelas 6 SD
  • Statistika 6
  • Modus

Nilai ulangan Matematika 20 orang siswa Kelas VI adalah sebagai berikut. 6, 6, 6, 7, 5, 8, 8, 8, 9, 6 7, 7, 7, 6, 6, 8, 8, 9, 9, 7 a. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel. b. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa?

Teks video

Halo kok Friends pada soal diketahui nilai ulangan matematika 20 orang siswa kelas 6 adalah seperti ini untuk soal yang sajikan data tersebut dalam bentuk tabel untuk menyajikan data dalam bentuk tabel maka kita membuat 3 kolom terlebih dahulu jadi kita membuat kolom untuk nilai ini kolom untuk Turus ini kolom banyak siswa oleh karena pada soal itu diketahui nilai ulangan matematika maka kita dapat mengetahui untuk data ini adalah data nilai sehingga disini kita beri kolom untuk kolom nilai kemudian karena nilai ulangan tersebut adalah nilai ulangan dari 20 orang siswa maka disini kita beri kolom untuk banyak siswa agar kita dapat mengetahui ada berapa banyak orang dengan nilai tertentu?Selanjutnya untuk Turus ini merupakan istilah untuk menggambarkan angka berupa simbol tertentu dengan tujuan untuk mempermudah pembacaan angka tersebut terutama angka yang berjumlah cukup banyak. Jika kita melihat pada data untuk angka terkecil adalah angka 5 untuk angka terbesar adalah angka 9 Jadi jika nilainya kita Urutkan dari nilai terkecil ke terbesar dimulai dari nilai 5 6 7 8 9, selanjutnya untuk mengisi Turus kita perlu melihat pada data untuk data yang pertama yaitu angka 6 berarti pada nilai 6 untuk terusnya kita beri satu garis selanjutnya angka 6 lagi berarti pada nilaiuntuk terusnya kita beri satu garis lagi Kemudian angka 6 lagi berarti pada nilai 6 untuk terusnya kita beri satu garis lagi selanjutnya angka 7 jadi pada nilai 7 untuk terusnya kita beri satu garis kemudian angka 5 jadi pada nilai 5 untuk turun kita beri satu garis kemudian angka 8 jadi pada nilai 8 untuk terusnya kita beri satu garis lalu angka 8 lagi jadi nilai 8 untuk terusnya kita beri satu garis lagi Kemudian angka 8 lagi jadi untuk nilai 8 Turus nya kita beri satu garis lagi Kemudian angka 9 jadi pada nilai 9 untuk terusnya kita beri satu garis kemudian angka 6 pada nilai 6 untuk terusnya kitasatu garis kemudian angka 7 jadi nilai 7 terusnya kita beri satu garis kemudian angka 7 lagi jadi pada nilai 7 terusnya pabrik satu garis lagi Kemudian angka 7 lagi jadi pada nilai 7 terusnya kita beri satu garis lagi selanjutnya angka 6 pada nilai 6 Turus nya kita beri satu garis perlu diketahui adik-adik jika pada turut untuk garisnya sudah mencapai 5 maka untuk garis ke-5 ini kita menginginkan agar memudahkan perhitungan kita selanjutnya angka 6 lagi jadi pada nilai 6 untuk terusnya kita beri satu garis kemudian angka 8 pada nilai 8 untuk terusnya kita beri satu garis kemudian angka 8 lagi jadi pada nilai 8 untukbosnya kita beri satu garis selanjutnya angka 9 jadi nilai 9 terusnya kita beri satu garis selanjutnya angka 9 lagi jadi nilai 9 Turus nya kita beri satu garis yang terakhir angka 7 jadi nilai 7 untuk terusnya kita beri satu garis untuk banyak siswa kita peroleh dari penjumlahan Turus dari setiap nilai untuk nilai 5 Turus nya ada 1 maka banyak siswa ada 1 orang nilai 6 terusnya ada 6 maka banyak siswa ada 6 orang nilai 7 Turus nya 5 maka banyak siswa Ada 5 orang untuk nilai 8 terusnya ada 5 maka banyak siswa Ada 5 orang nilai 9 terusnya ada 3 berarti banyak siswa ada 3 orang selanjutnya untuk bagian bawah kita tulis jumlahJadi untuk jumlah siswa ini kita tinggal menjumlah banyak siswa dari tiap nilai jadi ini kita jumlah ya 1 + 67 + 52 + 12 + 57 + 17 + 3 + 20. Jadi jumlah siswa itu ada 20 orang sehingga untuk nilai 5 banyak siswa nya ada 1 orang nilai 6 ada 6 orang nilai 7 Ada 5 orang nilai 85 orang nilai 93 orang jumlah siswanya ada 20 orang jadi untuk data dalam bentuk tabel yaitu seperti ini untuk yang B Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa jika kita melihat pada tabel jadi nilai yang paling banyak diperoleh siswa adalah nilai 6 dengan banyak siswa ada 6 orangKita sudah selesai mengerjakan soalnya sampai jumpa adik-adik Tetap Semangat belajarnya ya.

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!