Haiko fans paten kali ini kita menjumpai suatu persoalan statistika di mana kita diminta untuk membuat suatu distribusi kelompok untuk data tunggal dari soal yang diberikan oleh karena itu kita tentang the menggunakan aturan sturges untuk mengelompokkan data tersebut agar lebih mudah dibaca nantinya Langkah pertama untuk mengelompokkan data itu adalah menentukan jangkauan dari data yang ada dapat terlihat jangkauan adalah data terbesar peta kurangkan dengan data terkecil sehingga diperoleh data terbesarnya yaitu 63 kitab karangan dengan tetap kecilnya yaitu 35 sehingga diperoleh nilai jangkauan untuk data-data ini adalah 28 kemudian kita lanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengelompokkan dengan aturan sturges ini yaitu menentukan banyaknya kelas dengan aturan sturges yaitu k. = 1 + 3,3 log n. Di manakah sendiri adalah banyaknya kelas yang nanti akan kita buatN adalah jumlah data yang tersedia kita dapat melihat jumlah data yang tersedia pada soal ada sebesar 10 * 40 ^ 10 kolom dan 4 baris sehingga terdapat 40 kata di sini sehingga kita dapat peroleh banyaknya kelas yaitu 1 + 3,3 log 10 * 4 yaitu 40 dengan basis log di sini. Jika tidak ditulis adalah 10 sehingga kita dapat itu banyaknya kelas adalah 6,29 lalu kita bulatkan ke bawah dan kita peroleh banyak kelas yang akan dibuat itu ada 6 kemudian Langkah terakhir yang menentukan panjang interval setiap kelas yaitu dengan menggunakan persamaan panjang interval atau i = c dibagika yaitu jangkauan dibagi banyaknya kelas sehingga disini kita dapat peroleh atau itu 28 dibagi 6 atau sebesar 4,67 dengan kata lain tidak dapat membuatkan panjang interval ini agar lebih bagus dalam pengelompokan datanya yang kita peroleh panjang intervalnya ya5 karena kita bulatkan ke atas kemudian langkah selanjutnya setelah kita mengetahui banyaknya kelas adalah 6 dan interval masing-masing kelas ada 5 kita buat tabel untuk mengumpulkan data-data tersebut dengan nilai dan juga frekuensi. Nilai ini kita buat dalam bentuk deskripsi kelompok untuk yang pertama kita mencari data terkecil kita tambahkan panjang interval kita hitung 35 36, 37 38 dan 39 terdapat 5 serta disana sehingga kita buat tentang nilainya itu dari 35 hingga 39 untuk kelas yang pertama Kemudian untuk kelas berikutnya 43 kelas ada 45 hingga 49 bulan berikutnya Jaga 50-54 55-59 dan juga yang kelas terakhir adalah 60 hingga 64 frekuensi masing-masing kita dapat seleksi 11 dari data yang tersedia untuk rentang nilai 35 - 39 itu terdapat hanya ada satu data yaitu data 3 5 kemudianuntuk rentang nilai 43 44 kita dapat peroleh ada 5 data yang memenuhi rentang tersebut kemudian kita lanjutkan untuk rentang 45-49 itu terdapat empat kata 55400 juga terdapat empat catatan untuk 55 hingga 59 itu terdapat 14 kata untuk untuk kelas terakhir yaitu 63 64 itu terdapat 12 data singa kita jumlahkan ini tetap kita cek 2 kali dan dapat peroleh jumlah data data frekuensi ini adalah 40 sesuai dengan data yang tersedia banyak melewatkan satu katapun dalam pengelompokan ini kemudian kita dapat menghitung rata-rata dan juga kuartil Tengah dengan persamaan berikut dimana rata-rata dapat kita hitung dengan penjumlahan dari perkalian frekuensi kelas X dengan nilai Tengah di setiap kelasnya di bagi Jerman yaitu jumlah data keseluruhan hubungan keluarga tengah atau media kita dapat dihitung dengan tepi bawah kita tambahkan dengann dibagi 2 dikurang X kumulatif yaitu frekuensi seluruh data sebelum median kemudian kita bagi dengan frekuensi kelas interval kelas dari setiap data ini Kemudian untuk menentukan nilai rata-rata Tentukan perlu menentukan terlebih dahulu nilai Tengah kelas sehingga kita tentukan yaitu 37 42, 47, 52 57 dan juga 62 sehingga kita kemudian dapat menghitung nilai rata-ratanya rata-rata kita dapat dihitung dengan frekuensi 3 kali dengan nilai tengahnya sehingga 1 dikali 37 ditambah 5 * 42 + 4 * 47 + 4 * 52 + 14 * 57 + 12 * 62 dibagi dengan jumlah data keseluruhan yaitu 40 sehingga kita dapat peroleh 2185 dibagi 40 atau dapat dituliskan menjadi 50Koma 625 itu adalah rata-rata dari data berikut kemudian untuk menghitung median kita dapat memasukkan terlebih dahulu kita menghitung atau mencari tahu bagaimana menjadi perhatian dengan cara dibagi dua yaitu terdapat di tengah-tengah kata yaitu dicatat ke-20 hingga kita dapat melihat bahwa median itu berada di kelas 5 5 hingga 59 jika median dapat kita hitung menjadi 55 dikurangi 0,5 pangkat kita hendak mencari tepi bawah dari kelas tersebut yaitu 55 dikurangi 0,5 ditambah n / 2 yaitu 43 / 2 panjang kira kita bagi dua kekurangan dengan kumulatif kelas sebelumnya 1 ditambah 5 ditambah 4 ditambah 4 yaitu 14 hujan kita bagi Banyakin data di kelas tersebut yaitu 14 sehingga kita juga jangan lupa untuk mengalikan dengan panjang interval kelas tersebut yaitu 5. Jika kita dapat Sederhanakan yang kita peroleh 54,5 + 20 dikurang 14 dibagi14 atau dengan kata lain adalah 56 koma 64 untuk desil data perhitungan hasil kerjasama dengan tepi bawah dari tempat data hidup ditambah C dibagi 10 J ini adalah desil keberapa bisa kan di soal desil ke-5 berarti hanya ada 5 B / 10 * n karena nanti kita yang ada setiap 10 data itu arti dari desil kita kurang kan dengan es kumulatif yaitu frekuensi penjumlahan frekuensi dari kelas sebelumnya dari desa itu berada tidak bagi kemudian dengan visi yaitu frekuensi dari kelas desil itu berada kita kali dengan Iya itu interval dari tempat itu kemudian konsep yang sama kita gunakan untuk menentukan persentil ke 50 Gimana persentil ke c c di sini ada 50 = tepi bawah dari tempat persentil itu beradaKita tambahkan dengan C yaitu nilai 50 tadi kita bagi dengan 100 dikali n k nanti kita akan membagi jumlah data menjadi 100 yaitu setiap 100 kita Caca itu inti dari persentil kita kurangkan dengan akumulatif yaitu penjumlahan frekuensi untuk kelas-kelas sebelumnya dibagi dengan visi yaitu frekuensi untuk kelas presentasi itu berada jika panjang interval sehingga untuk menentukan desil ke-5 kita terlebih dahulu harus mencari tahu di mana letak Desa kelima itu berada itu terletak di data ke-20. Bagaimana 40 data ini kita bagi menjadi 10 dulu kan ada hasil untuk ingat desimal 10 terus kita udah cacah dari 10-10-10 ini kita cari kelimanya itu di data ke berapa ya berarti * 5 ingat ada di data ke-20 kita lihat data ke-20 itu terletak diKelas 55 hingga 59 jadi nanti kita akan menghitung jasa kalimat ikhlas ikhlas 55 hingga 59 atau dengan kata lain desil ke-5 = tapi bawahnya adalah 55 orang dengan 0,5. Kemudian ditambahkan c c-nya adalah 5 dibagi 10 dikali. Banyaknya data yaitu 40 dikurang kan dengan es kumulatif kelas sebelumnya 1 ditambah 5 ditambah 4 itu adalah 14 sehingga kumulatifnya adalah 14 / dengan frekuensi untuk kelas desil itu berada yaitu 14 sehingga kita dapat peroleh nilainya adalah 54,5 kita tambahkan dengan 20 dikurang 14 dibagi 14 atau nilainya adalah 56,64 Kemudian untuk persentil ke 50 kita. Gunakan cara yang sama kita membagi jumlah data kedalam 100 sehingga dapat dihitung 40 dibagi 100 dikali 50 atau dengan kata lain persentil 50 itu terletak di data ke-20Jika kita hitung data ke-20 sama seperti desil itu terletak di rentang kelas 55 hingga 59 sehingga persentil 50 dapat kita hitung 55 dikurang 0,5 ditambah 50 dibagi 100 karena jauhnya dari 50 dikali 40 yaitu banyaknya data kita kekurangan dengan efek kumulatif setelah sebelumnya yaitu 14 hubungan kita bagi dengan 14 dan Q + 54,5 + 20 kurang 14 dibagi 14 atau nilai akhirnya adalah 56 koma 64. Bagaimana konferensi mudah bukan sampai jumpa di berikutnya?