Bimbel UTBK-SNBT Rp.95.000 per bulan
  • Kimia
  • Kimia Fisik dan Analisis Kelas 12 SMA
  • Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia
  • Sel Elektrolisis

Tulislah reaksi pada sel elektrolisis: Larutan NaOh dengan electrode Pt.

Bimbel online mulai 95.000 / bulan

Teks video

How to operate Sekarang kita akan mengerjakan soal mengenai reaksi elektrolisis di mana kita diminta untuk menuliskan reaksi elektrolisis pada larutan NaOH dengan elektroda PT Oke pertama sebelum mengerjakan soal kita harus mengetahui dulu apa yang terjadi bila air terionisasi jadi ketika NaOH terionisasi di akan menghasilkan ion na + ditambah dengan ion OH Amin itu nah disini kita lihat + merupakan ion positif sehingga disebut juga sebagai Kation dan oh Amin merupakan ion negatif sehingga disebut juga sebagai anion dari sini kita bisa menentukan kira-kira kalau kation na + reaksi katoda nya bakal apa dan kalian pahami reaksi di katoda apa dan bagaimana menentukannya kita bisa digambar sebelah kanan jadi gak bisa dicari di Google ini adalah panduan kira-kira kalau misalnya kecilnya adalah a. Kira-kira reaksinya. Apa dampak ketika anoda atau anion adalah b. Kreasinya apa Dicari pada website ini sudah enggak error Kok nggak bisa cari gambar mirip di Google begitu Oke sekarang kita akan menentukan Reaksi yang terjadi di katoda pada katoda disini dikatakan reaksi di katoda pada jenis kation jadi kita tinggal menentukan kira-kira jenis latihannya adalah apa tadi jenis karyanya adalah a n a plus apakah na + merupakan katoda dari logam Atma conservation dari logam atau kation lain na + merupakan logam ion dari logam golongan 1A sehingga dia merupakan jenis logam aktif kalor pada logam aktif golongan 1A maka reaksinya adalah air tereduksi jadi reaksinya adalah ini Reaksi reduksi air terjadi pada katoda akan terjadi reaksi redoks air di mana reaksinya adalah 2 H2O Liquid ditambah dengan 2 elektron menghasilkan H2O + dengan 2. Oh, Amin jangan lupa untuk menulis bahasa Maduranya dalam gas 2. Oh Amin dalam aku skd dalam bentuk uang Kemudian pada anoda kita lihat reaksinya jadi bedanya dengan katoda reaksi anoda atau bergantung pada jenis alur dan juga kondisi Nikita elektronnya adalah PT berarti kalau restorannya PT berarti katoda dan anoda nya menggunakan pt-pt merupakan platina disini kita lihat platina merupakan elektroda inert yang artinya tidak bereaksi jadi ingat dan disini berarti karena elektrodanya tidak akan bereaksi atau inner maka yang teroksidasi adalah anionnya begitu kita lihat anionnya ada dua jenis lagi yang mana yang masih ada sisa asam oksi Atau sisa asam lain kita lihat reaksi. Oh, Amin merupakan asam lainnya sehingga oh, Amin akan teroksidasi atau di depannya kandungannya kantor oksidasi pada reaksi ini jadi reaksi pada anoda atau lebih tepatnya reaksi oksidasi. Oh Amin adalah seperti ini 4. Oh, Amin Kamu untuk aku sekarang dalam tujuan menghasilkan 2 H2O Liquid det oksidasi ya ditambah dengan O2 gas + dengan 4 elektron. Jadi kalau kita lihat pada katoda yang terjadi adalah Reaksi reduksi dan pada anoda yang terjadi adalah reaksi oksidasi ini adalah aturan umum pada sel elektrolisis dimana ingat aja atau dan reduksi dan oksidasi atau kita bisa dengan karet anu anu karet begitu Nah dari sini kita akan menetapkan reaksinya elektronnya nggak boleh ada di reaksi total Jadi bagaimana caranya supaya atau daya dikali 2 jadi koefisien nya bakal berubah 2 menjadi 4 ini 2 juga menjadi 4 di 2 H2 dan disini 2. Ohm nya juga menjadi empat di sini udah tinggal menghilangkan mana yang sama komponen yang sama ya Jadi kita lihat elektron ada di produk anoda dan katoda 4. Oh, Amin ada di Produk katoda dan anoda dan H2O kita lihat ada di produk anoda dan ada 4 di reaktan katoda jadi 2 ya. Karena kan 4 H2O dikurang 2 H2O B H2O dikurang 2 H2O menghasilkan 2 H2O jadi kira-kira reaksi totalnya adalah ini 2 H2O Liquid menghasilkan 2 H2 gas ditambah dengan O2 gas yah ini adalah reaksinya. Jadi ini adalah reaksi sel elektrolisis larutan NaOH dengan elektroda PT sampai jumpa di soal berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!