• Matematika
  • ALJABAR Kelas 8 SMP
  • PERSAMAAN GARIS LURUS
  • Persamaan Garis Lurus

Video solusi : Grafik di bawah menunjukkan persentase pembelajaran dengan akses internet. a. Berapakah laju perubahan persentase kelas dengan akses internet antara tahun 1998 dan 2000? b. Jika persentase kelas dengan akses internet meningkat seperti peningkatan antara tahun 1999 dan 2000, pada Tahun tahun berapakah banyak kelas yang menggunakan akses internet sebesar 90%? Apakah grafik tersebut akan terus meningkat tanpa batas? Jelaskan.

Teks video

Halo, fans. Pada soal ini kita diberikan grafik yang menunjukkan persentase pembelajaran dengan akses internet terdapat 3 pertanyaan kita bisa menjawab pertanyaan yang pertama terlebih dahulu yang di Point a di Point ini kita ditanyakan Berapakah laju perubahan persentase kelas dengan akses internet antara tahun 1998 dan 2000 untuk menentukan laju perubahannya ini kita bisa gunakan rumus untuk persentase akhir dikurang persentase awal dibagi dengan tahun akhir dikurang tahun awal untuk tahun awalnya adalah 1998 tahun akhirnya adalah Rp2.000 persentase awalnya adalah 51% dan persentase akhirnya adalah 77%tinggal kita masukkan saja ke dalam rumusnya ini kita akan peroleh 26% ini per 2 yang mana = 13% Jadi laju perubahan persentasenya adalah 13% untuk yang poin B kita akan cari Pada tahun berapakah banyak kelas yang menggunakan akses internet sebesar 90% yang mana peningkatan untuk persentase kelas dengan akses internet selanjutnya ini meningkat seperti pada tahun 1999 dan 2000 jadi kita bisa perhatikan titik yang ini dan titik yang ini yang mana Kalau kita hubungkan menjadi suatu garis untuk mengetahui pada saat tahun berapakah mencapai persentasenya 90% bisa kita teruskan garisnya kita cari persamaansecara umum yang melalui kedua titik ini yang mana untuk titik yang ini koordinatnya pada sumbu x adalah 1999 pada sumbunya adalah 60% dan ini titiknya pada sumbu x adalah Rp2.000 dan pada sumbu y nya adalah 77% persamaan garis yang melalui kalau kita punya secara umum titik x1 y1 dan x2 Y2 rumusnya dapat kita peroleh dari y dikurangi 1 per 2 dikurang Y 1 = X dikurang x 1 per X dua dikurang x 1 dapat kita pandang ini ada satu ini adalah y1 ini adalah X2 dan ini adalah Y 2 berdasarkan rumus kita akan peroleh Ini yang mana Di SiniHitung 77% dikurang 60% hasilnya adalah 17% 2000 dikurang 1999 adalah a. Tuk bisa kita kalikan silang yang mana Ini dikali 1 dan yang ini di X dengan X dikurang 1999 karena ini dikali 1 berarti tetap jadi kita Tuliskan y dikurang 60% selanjutnya di sini 60% kita tulis menjadi 60 per 100 dan 17% menjadi 17 per 100 kita kalikan ini satu persatu ke dalam kurung kita akan peroleh hasilnya jadi seperti yang mana Min 60 per 100 kita pindahkan dari ruas kiri ke ruas kanan kita akan peroleh di sini hasilnya jadi seperti ini yang mana kemudibisa kita cari Kapankah untuk yang kelasnya ini menggunakan akses internet sebesar 90% berarti karena persentasenya menunjukkan nilai pada sumbu y kita cari ketika y = 90% maka kita akan Tentukan nilai x nya yang mana tentunya ini sama dengan 90 per 100 bisa kita pindahkan ini dari ruas kanan ke ruas kiri kita akan peroleh 34013 per 100 = 17 per 100 x 17 per 100 nya dari luas kita pindahkan ke ruas kiri dengan cara kita balik 17 per 100 menjadi 100 per 17 kita kalikan dengan yang ini jadi darikita lihat 100-nya bisa sama-sama kita coret dengan yang di sini kemudian kita cari 34013 dibagi dengan 17 kita akan peroleh 2000 koma 765 ini akan sama dengan x nya yang mana ini kita bulatkan menjadi tiga angka dibelakang koma anaknya ini menyatakan tahun tidak mungkin kita Nyatakan dalam bentuk desimal maka kita bisa melakukan pembulatan ke atas kesatuan terdekatnya nilai x nya ini kalau kita bulatkan menjadi ke satuan terdekat adalah menjadi 2001 jadi pada tahun 2001 ini persentase pembelajaran dengan akses internetnya sebesar 90% selanjutnya untuk yang poin di sini untuk memutuskan Apakahakan terus meningkat Tanpa Batas kalau kita perhatikan dari kejadian secara nyata tentunya tidak dapat kita simpulkan secara Sebab terjadi suatu halangan atau kendala dalam pembelajaran dengan akses internet ini bisa terjadi sehingga yang bisa kita lakukan adalah dengan memperhatikan secara kalau kita perhatikan dari gambar grafiknya ini Mulai tahun 1998 ini selalu terjadi peningkatan dan kalau kita bentuk suatu garis lurus mulai tahun 1998 seterusnya maka tidak mungkin terjadi penurunan dan akan selalu terjadi peningkatan sehingga grafiknya ini akan terus meningkat Tanpa Batas pemikiran untuk soal ini dan sampai jumpa di soal berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!