• Matematika
  • Statistika Kelas 4 SD
  • Statistika
  • Menyajikan Data (dalam bentuk Diagram Batang)

Video solusi : Data nilai ulangan IPA dari 20 siswa Kelas VI adalah sebagai berikut. 7,6,7,8,8,9,6,6,7,8 5,6,7,7,7,8,7,8,7,6 a. Gambarkanlah data tersebut pada diagram batang dan diagram lingkaran. b. Berapa persen siswa yang mendapat nilai 7 dari seluruh siswa?

Teks video

Hai cover Andika menemukan soal seperti ini langkah pertama yang harus dilakukan mengerti pertanyaannya data nilai ulangan IPA dari 20 siswa kelas 6 sebagai berikut ya lalu gambar data tersebut dalam diagram batang dan diagram lingkaran. Berapa persen siswa mendapatkan nilai 7 dari seluruh siswa caranya bagaimana ya kita mulai dengan membuat tabel ya ini tabel ini kita menuliskan dari apa di sini adalah jumlahnya begitu ya kita mau mulai dengan yang pertama yang nilai dan juga jumlahnya seperti ini ya kita mulai dari yang paling kecil dulu untuk nilainya yaitu ada berapa lima ya Bilangnya 5 jumlahnya 1 sekarang yang nilainya 6 ada berapa 12345 ya yang nilainya 6 ada 5 yang nilainya 7 nya udah berapa kita hitung ya 12345678 ada 8 yang nilainya 8 ada berapa 1 2 3 4 5 5 sementara yang nilainya 9 adaKira-kira seperti itu ya Ini adalah untuk tabelnya dulu karena kita membuat dari tabelnya terlebih dahulu untuk apa nantinya baru dari tabel kita konversikan jadi apa jadi sesuai permintaan ya diagram batang dan diagram berikut. A mulai semangat kita pasti bisa membuat diagram batangnya dulu ya ini kita perlu buat dua garis yang dulu seperti ini komplain fokus dan semangat kita pasti bisa ya kira-kira seperti ini. Halo ini akan jadi bagaimana begitu ya kita Tuliskan di sini ini akan jadi adalah nilainya ini nilai sementara yang disini ini akan jadi jumlahnya begitu ya kakak langsung di sini. Tuliskan ini dimulai dari nol kakak buat Anda seperti biru yang artinya adalah kita langsung percepat begitu nilainya sementara di sini juga Sama ya kita mau buat ini akan jadi kelipatan 2 2 4 6 8 untuk jumlahnyaSementara itu untuk disini nilainya langsung ya kita ke-5 ke-6 ke-7 di sini 8 dan 9 kira-kira begitu dari yang dulu jumlahnya 11 di mana di sini berarti di tengah-tengahnya 0 dan 21 ini 3 nih 5 ini adalah 7 yang nilainya 5 Jumlahnya ada 1 berarti kita mau buat di sini kira-kira seperti ini ya di sini ada berapa jumlahnya 5 berdiri masih ada di sini ya kira-kira seperti ini ya yang semangat konferensi kita pasti bisa nilai 7 ada delapan delapan berada di ujung sini ya di sini yang nilainya 7 ada jendelanya 8 ada 5. Berarti ada di sini. Aku fans fokus dan semangat kita pasti bisa ya ini di sini yang nilainya 9 ada satu kesatuansini ya Kita sesuaikan dengan gambarnya jadi ada di sini ini adalah jawabannya B Tuliskan 1585 dan 1 ya seperti ini adalah untuk di sini diagram batang diagram lingkaran yang kita mau cari di kertas berikutnya seperti caranya adalah kita perlu di sini nilai jumlahnya masing-masing Ya kita mah Tuliskan J1 yang satunya adalah apa jumlah di sini nilai 5 ketika kita mau tuliskan jumlah 1 jumlah nilai 5 phi adalah 1 c 2 ini apa judulnya adalah Jumlah untuk disini nilai 6 ada 5 lalu j3 adalah apa jumlah di sini kita mau tulis nilai lucu gitu ya nilai 7 ada delapan tahun di sini adalah C 4 D 4 ini apa adalah Jumlah di sini yang nilainya berapa kita mau tuliskannilai C 8 ini ada lima j5 H8 adalah Jumlah di sini dengan nilai 9 di sini kita mau tuliskan nilai-nilai ini ada 1 lalu kita mau tuliskan t t ini adalah apa toh, Ya itu bagaimana ya langsung saja ini di jumlahkan semua Ya saya di sini akan jadi adalah 1 + j 2 + b 3 + J 4 plus j5 kita menghitung di kertas berikutnya untuk fee-nya ya di sini untuk nilai TNI ayat ini akan jadi apa 1 + 5 + 8 + 5 + 1 jadi berapa ini adalah 20 ternyata ada 20 untuk bisa membuat diagram lingkaran kita perlu mendapatkan apa sudutnya begitu ya sudut dari kita mau tuliskan es esnya kanSudut ya begitu ya di sini kita mau tuliskan S1 bertanya apa di sini adalah sudut di sini nilai 5 ketika kita menuliskan seperti ini sudut nilai 5 + 2 adalah sudut nilai 6 begitu ya ini kita mau tuliskan strukturnya ya S3 ini adalah apa sudut yang di sini nilainya 7 begitu ya aku off aku sayang semangat S4 ini adalah sudut yang di sini nilainya 8 / Ayah kita mau tuliskan sudut nilai 8 + 5 adalah sudut yang nilainya di sini bilang begitu gimana rumusnya tuh? Bagaimana contohnya satu dulu satu ini akan jadi adalah J1 Apa te dikalikan dengan disini SL ini adalah caranya tapi itu apa belum diketahui Jadi Kakak Tuliskan ya sekarang sudut lingkaran namanya dari s l itu di mana sudut lingkaran ini akan jadi apa360° fokus dan semangat kita pasti bisa jadi mari kita hitung 111 dulu berarti apa Ji Satunya berapa tadi itunya di sini adalah 11 per disini tanya berapa per 20 ya kalikan dengan 360 deh derajatnya akan jadi berapa disederhanakan seperti ini ini 1 jadi 18 seperti 18 deh Raja Halo S2 sama ya caranya kakak langsung. Tuliskan ya berarti J2 begitu ya 5 per 20 dikalikan dengan 360 derajat disederhanakan bisa ini berapa bagi 5 jadi 1 jadi 4 / 4 dari 1 menjadi 9 90° beli es satunya tadi berapa 18 derajat S2 caranya sama ya hanya kita ganti J1 dengan J2 nya ya begitu ya untuk S2 nya 20 derajat karena j2nis = C4 ya 90°Di sini tempat di sini = C2 tadi Halo C1 = j5 ke sini juga 18 derajat Halo S3 sekarang S3 nya kan Dari apa j3 berarti 8 per 20 dikalikan dengan 360 derajat di hitung berapa berikan 20 dari 1 menjadi 1818 kali ini kita mau Hitung berapa ini adalah 4 adalah 6 di sini kita mau tuliskan ya 8 + 14 144° begitu ya kira-kira seperti ini jadi langsung Kakak Tuliskan 144° cara berikutnya ya tinggal kakak langsung masukkan ke dalam lingkaran nya ya Kak ambilkan di sini adalah busur dan juga lingkaran untuk menghitung seperti ini seperti ini aku beranjak kita tahu bahwa sudut sebuah lingkaran adalah 360 derajat seperti caranya. Bagaimana Kakak buatkan dulu di sini adalah sebuah garis lurus dulu ya kira-kira jadiini Koppen Mari kita coba untuk kerjakan caranya adalah kita harus bisa membaca dulu yang namanya busur tersebut Ini ada busurnya kakak tinggal taruh tepat di tengah-tengah garis kuningnya halo kita tinggal hubungkan dimana disini kita lihat ya sudut yang nilai 6 dan nilai 8 tuh sama 90° dan juga kita tahu bahwa setengah lingkaran begitu sudutnya paling besar di 180 derajat sekarang kita harus belajar cara menggunakan busur caranya bagaimana setelah ditaruh tadi kita hubungkan ke salah satu ujungnya yang paling kita menggunakan gerakan buat di sini ya kita mau buat jodoh dari garis lurus biru ini ya berarti kita mau ambil dari yang kiri ya seperti ini kita tahu di sini dimulai dari nol derajat lalu kita mau ke mana kita mau buat sudut yang di sini ya nilai 6 derajat LS duanya simbol derajat di mana 50 derajat kita gunakan busur yang keluar ya di sini di 90° tempat di sini begitu ya ini tinggal di hubungkan garisjelaskan titik tengah tadi di sini ya sudutnya ini tadi Es berapa es sementara kita mau buat dari yang kanan sekarang siapa di sini sama ya seperti tadi buat garis tadi di sini kita mulai 0-nya dari sudut yang dalam ya dari lingkaran yang dalam gitu ya setengah lingkaran yang dalam berarti 10 derajat nya juga sama di sini tapi kita bacanya dari mana dari kanan ke kiri kira-kira begitu ya di sini ini adalah sudut yang mana yang nilai dari 8 S4 begitu ya kira-kira seperti ini sudah sekarang S1 S3 dan S3 seperti ini sekarang kita menghitung lagi ya untuk yang mana sama sekarang untuk 3 lainnya begitu ya caranya seperti tadi kita mau gunakan dari kiri ya sekarang 18 derajat di mana Berarti kita gunakan Browser yang keluar sini ada 14 derajat ke mana Berarti hampir di 20 di sini di 18 tinggal dihubungkan garis yang menuju ke manayang menuju ke di sini adalah seperti ini di sini sudut berapa Berarti S1 begitu ya sekarang sama kita mau buat dari sisi yang sebelah kanan nolnya di sini ke mana ke 18 derajat di sini ya di sebelum 23 kita kemungkinan di sini tinggal di hubungkan ke sini ya di sini ini adalah 18 derajat ya di sini di es berapa es di sini 5 ini asli mah di sini maka sisanya Ya sudah jelas sisanya ini ya sudah jelas-jelas berapa ss3pk 144d Raja karena kita tahu sudah totalnya pastinya dekat 360° kira-kira begitu ya jadi seperti ini aku belum siap Aku sayang semangat kita pasti bisa disini lalu kita mau lanjutkan untuk apa S1 S2 S3 S4 S5 nya sudah sekarang mau kerjaYang berapa persenkah yang mendapatkan nilai 7 GTA diketahui sudut di sini kita mau tahu tentang persen ya Kakak mau Contohkan di sini a bilangan Ya kita harus bisa mengerti persen dulu itu apa artinya adalah a per 100. Oleh karena itu persennya berarti itu apa untuk bisa maksimal yaitu adalah 100% Kenapa karena betina 100 per 11 adalah 1. Jadi kita mengubah ke persen caranya bagaimana nanti caranya adalah F3 sudutnya dibagikan dengan apa sudut lingkaran adalah keseluruhannya pertiper 360° dikalikan dengan apa 100% per ini di kertas berikutnya jadi berapa 144 derajat per 360 derajat dikalikan dengan 100% bisa dihitung Sederhanakan bagi dirinya derajatnya lalu soalnya di sini seperti ini makanya kan jadi berapa44 kita mau coba bagikan dengan 36 dulu ya ini akan jadi berapa 36 dikalikan berapa di sini kita mau coba kalikan dengan 4 ya ini adalah 24 tulis menyimpan 12 + 2 14% adalah 444 selisih kan habis ini satu ini adalah 4. Berapa 4 kalikan dengan 10% nya kan jadi adalah 40% maka dari itu sudah terjawab untuk kedua soal kita sampai jumpa disaat berikutnya pengerjaannya sudah selesai semangat terus.

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!