• Matematika
  • GEOMETRI Kelas 9 SMP
  • KESEBANGUNAN DAN KONGRUENSI
  • Pemecahan masalah yang melibatkan kesebangunan dan kekongruenan

Video solusi : Seorang pemuda menghitung lebar sungai dengan menancapkan tongkat di titik B, C, D, dan E seperti pada gambar sehingga DCA segaris. Jika A adalah benda di seberang sungai, tentukan AB (lebar sungai).

Teks video

jika kita bertemu dengan soal disamping maka konsep atau rumus yang dapat kita gunakan adalah konsep pada kesebangunan ya dapat dilihat disini ada sebuah gambar ya segitiga ada 2 buah Nah di sini dijelaskan yang dideskripsikan kalau misalkan seorang pemuda sedang menghitung lebar sungai dari tongkat di titik B Oke ini ya berarti ini perangkatnya nahC dan E seperti pada gambar sehingga DC segaris ya jika adalah benda di seberang sungai ini bendanya Tentukan AB lebar sungainya ya yang kita inginkan. Yang ditanya itu adalah ini lebar sungainya berapa sih lebar sungai? oke karena ABC Cu segitiga yang sebangun dapat kita langsung bandingkan sisi-sisi yang telah diketahui di sini Ya sakit karena kan kalau sebangun itu perbandingan panjang sisinya sama ya tanya Abi Yah Adek itu sebanding sama Ini yah, dek. apalagi diketahui per dia sebanding dengan C Oke kita tulis Abinya yang ditanya dp-nya berapa 4 ya 4 = BC BC nya 12 c-nya 3 bisa langsung tak kali silang 3 * AB 3 = 12 * 440 = 8 / 3 = 16 M ya m ya m adalah 16 M ya ini 16 M sampai jumpa di soal berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing