Halo coffee Friends kali ini kita akan membahas soal tentang peluang Sebelumnya kita akan menggambar diagram Venn terlebih dahulu dalam soal diketahui jumlah siswa pada suatu kelas adalah 50 orang sehingga NS itu = 50 selanjutnya kita akan Gambarkan diagram Venn sebagai berikut merupakan basket dan V merupakan voli sini kita akan memisahkan siswa yang menyukai basket sekaligus voli adalah X di dalam soal diketahui 25 orang siswa senang bermain basket sehingga siswa yang hanya menyukai basket saja adalah 25 min x lanjutnya dalam soal diketahui 30 orang siswa senang bermain bola voli sehingga siswa yang menyukai voli saja adalah 30 dikurangi X selanjutnya 15 orang siswa tidak senang bermain keduanya sehingga kita Letakkan 15 di luar lingkaran selanjutnya NS merupakan penjumlahan dari siswa yang menyukai basket saja 25 min x + siswa yang menyukai basket sekaligus voli ditambah x ditambah siswa yang menyukai voli saja 30 min x ditambah siswa yang tidak menyukai keduanya yaitu ditambah 15 = 50 Nah kita akan operasikan diperoleh min x ditambah X dikurang X hasilnya adalah x ditambah 25 + 30 + 15 hasilnya adalah 70 = 50 Lanjutnya kita dapatkan min x = 50 dikurangi 7070 nya Kita pindah ruas kekanan kita tempatkan min x = min 20 sehingga diperoleh x = 20 artinya siswa yang menyukai basket dan voli adalah 20 orang. Selanjutnya kita harus ingat konsep peluang peluang kejadian A atau p a = n per m s n a merupakan banyaknya kejadian A dan n s banyaknya ruang sampel dari perhitungan sebelumnya tidak akan x = 20 sehingga kita bisa menjawab soal yang A3 itu siswa yang senang bermain basket dan voli kita simbolkan n b irisan V = x = 20 sehingga kita bisa mencari peluang B irisan V itu = 20 banyaknya siswa yang senang bermain basket dan voli dibagi banyaknya siswa keseluruhan yaitu 50 sehingga diperoleh 20 per 53 Sederhanakan menjadi 2 per 5 sehingga peluang tertunjuk seorang siswa yang senang bermain basket dan voli adalah 2/5 selanjutnya kita akan menjawab soal yang penting iso apabila kita diminta untuk mencari peluang seorang siswa yang senang bermain basket tetapi tidak senang bermain voli kita misalkan n b saja artinya banyaknya siswa yang menyukai basket saja itu = 10 5 min x kita dapatkan 25 dikurangi 20 hasilnya adalah 5 sehingga terdapat 5 orang siswa yang senang bermain basket tetapi tidak senang bermain voli sehingga kita bisa mencari peluang nya yaitu P saja itu = 5 m/s dan s nya yaitu 50 kita Sederhanakan hasilnya adalah 1 atau 10 Sehingga ruang pertunjukan seorang siswa yang senang bermain basket tetapi tidak senang bermain voli adalah 1 per 10. Selanjutnya kita akan mencari soal yang paling C dalam soal C kita diminta untuk mencari peluang tertunjuk seorang siswa yang senang bermain voli tetapi tidak senang bermain basket sehingga kita misalkan n saja = 30 min x kita substitusikan nilai x diperoleh 30 min 20 hasilnya adalah 10 sehingga terdapat 10 orang siswa yang senang bermain voli tetapi tidak senang bermain basket sehingga bisa mencari peluang nya yaitu PV saja = 10 banyaknya siswa keseluruhan yaitu 50 sehingga diperoleh 10 per 53 Sederhanakan hasilnya adalah 1/5 sehingga peluang seorang siswa yang senang bermain voli tetapi tidak senang bermain basket adalah 1 per 5 bagian sampai jumpa di pertanyaan berikutnya