jika menemukan soal seperti ini maka kita harus bisa menentukan tepi atas tepi bawah dan juga titik tengah dari masing-masing kelasnya rumusnya seperti ini Febi di sini adalah tepi bawah BB di sini adalah batas bawahnya Tea di sini adalah tepi atas B di sini adalah batas atas kemudian di sini si itu adalah setengahnya di sini batas bawahnya itu adalah yang berwarna merah sehingga di sini TB nya atau tapi bawahnya itu untuk kelas pertama adalah 36 dikurang 0,5 hasilnya sama dengan 35,5 Kemudian selanjutnya kelas keduanya batas bawahnya itu 41 berarti tapi bawahnya 41 dikurang 0,5 hasilnya = 40,5 menggunakan rumus sayang sama kita bisa mencari tepi bawah dari masing-masing kelas nya kemudian batas-batasnya atau bea di sini itu yang berwarna biru sehingga tepi itu sama dengan batas atas ditambah 0,5. Oleh karena itu tepi atas dari kelas pertama itu adalah 40 + 0,5 hasilnya sama dengan 10,5 lalu untuk kelas kedua batas atasnya itu adalah 45 berarti tapi atasnya = 45 ditambah 0,5 hasilnya menjadi 45,5 lalu dengan langkah yang sama kita bisa mencari tepi atas dari masing-masing kelas nya kemudian disini kita akan mencari titik tengahnya taksi atau titik tengah sama dengan batas bawah ditambah batas atas dibagi 2 berarti disini untuk kelas pertama titik tengahnya itu adalah 36 ditambah 40 dibagi 2 hasilnya itu ekuivalen dengan 38 Kemudian untuk kelas kedua itu batas bawahnya adalah 41 kemudian batas atasnya itu adalah 45 berarti titik tengahnya sama dengan 41 ditambah 45 dibagi 2 hasilnya sama dengan 43 kemudian menggunakan rumus sayang sama kita bisa mencari titik tengah dari masing-masing kelas yang lain berarti bentuk tabel yang menjadi seperti ini sekarang kita bisa membuat histogram terlebih dahulu untuk menggambarkan histogram ya kita bisa membuat garis mendatar dan juga garis vertikal di sini garis vertikal menunjukkan frekuensi nya sedangkan yang mendatar ini itu menunjukkan tepi bawah dan juga tapi atasnya kita lihat Disini 35,5 itu adalah tepi bawah dari kelas pertama kemudian 40,5 itu adalah tepi atas dari kelas pertama berarti disini daerahnya di daerah ini itu menunjukkan data dari kelas pertama kita tinggal membuat balok yang tingginya sesuai dengan frekuensi nya disini frekuensinya itu adalah 3 berarti kita akan membuat balok setinggi 3 kemudian disini 40,5 itu adalah tepi bawah dari kelas kedua kemudian 45,5 itu adalah tepi atas dari kelas kedua berarti disini kita akan menggambarkan balok yang menunjukkan frekuensi dari kelas keduanya Disini frekuensinya adalah 6 berarti kita akan menggambarkan balok setinggi 6 menggunakan cara yang sama kita bisa menggambarkan balok-balok untuk kelas yang lain bentuknya menjadi seperti ini. Nah ini adalah histogram dari datanya sekarang kita akan menggambarkan poligon disini untuk menggambarkan poligon kita akan membuat garis vertikal dan juga garis horizontal nya di sini garis horizontal nya akan dituliskan dengan titik tengah dari masing-masing kelas nya kemudian disini untuk garis Vertikalnya itu menunjukkan frekuensinya kalau kita perhatikan disini 38 itu adalah titik tengah dari kelas pertama. sehingga di sini kita akan menggambarkan titiknya terlebih dahulu titiknya akan kita Gambarkan tingginya sesuai dengan frekuensinya frekuensinya untuk pertama itu adalah 3 berarti kita akan menggambarkan titik yang tingginya 3 kemudian di sini 43 itu adalah titik tengah dari kelas yang kedua berarti titiknya akan kita Gambarkan disini karena disini frekuensinya itu adalah 6 Menggunakan lantai sama kita bisa membuat titik-titik untuk kelas kelas yang lain lalu langkah selanjutnya kita bisa membuat titik di ujung-ujung dari garis horizontal nih. di sini dan juga di sini Kemudian untuk menggambarkan poligon kita bisa menarik garis dengan menghubungkan semua titik-titiknya bentuknya menjadi seperti ini. Sehingga ini adalah grafik poligon sekian pembahasan kali ini sampai jumpa di pembahasan selanjutnya