Download

Mentok ngerjain soal? Foto aja pake aplikasi CoLearn. Anti ribet ✅Cobain, yuk!

Sebuah perahu bergerak konstan me-nyeberangi sebuah sungai yang le-barnya 120 m (lihat gambar). Laju perahu adalah 12 m/s diarahkan tegak lurus arah gerak aliran air menuju ke arah aliran tempat tujuan, jika kelajuan air sungai 5 m/s maka perahu sampai di seberang akan bergeser sejauh berapa meter?

Teks video

Hello friend kali ini kita bakal ngebahas soal lagi nih Sebuah perahu bergerak konstan menyeberangi Sungai menyeberangi sebuah sungai yang lebarnya 120 m laju Perahu adalah 12 m diarahkan tegak lurus arah gerak aliran air menuju ke tempat tujuan jika kelajuan air sungai 5 meter per sekon maka perahu sampai di seberang akan bergeser sejauh berapa meter diketahui ada Dek lebar sungai ini kita tuh sedikit lambangkan dengan Dek Ini lebar 120 m kecepatan perahunya di bidang tegak lurus di abad ini keatasin searah sama ini ya ke atas sana atau ke arah seberang sungai nya itu dia 12 meter per sekon kemudian ada kecepatan arus airnya itu 5 meter per sekon yang ditanya itu Seberapa jauh dia bergesernya dari tempatMaksudnya gimana ini kok lambang ndx Ya maksudnya gimana ini kita pada gambar di sini kembangkan sebagai Seberapa jauh dia bergeser dari 47. Nah ini kalau misalkan kita gambarin kecepatan arah arus airnya ke kanan ya ya Ini perahunya gerak atas nih yang ini nih yang hitam. Nah karena perahunya bergerak ke atas dan arah aliran ke kanan. Berarti kan ada perahunya bergerak ke atas dan ke kanan banyak jadi gini kan nah ini dia topi yang cepat bikin lamarannya Nanti kan nanti kalau misalkan diproduksi diproyeksikan kalau misalkan ini lurus terus arah ini ya nanti kami kesana ujung sana kalau untuk kecepatan perahu nya itu lurus kan ke sana Harusnya kan sampai ke tempat tujuan nih tempat tujuan saya lambangkan dengan b. Kemudian awalnya a + b bergeser a sampai CYa Nah jadinya harusnya tadi ketik dia cuma dia larinya ke titik c lama sampainya tadi karena dia ke atas dan ke kanan namanya ke titik c. Nah ini kita gambar lagi jadinya segitiga ABC pada gambar a sama b nya di lurus ya dari a ke b. Terus apanya miring batin ya Nah terus di sini apa aja yang diketahui yang diketahui cuma dari a ke b ya kan ini lebar sungai dari a ke b kan itu 120 20 m dari a ke c nya kita belum tahu berapa biar kita nggak tahu yang mana kita cari kita lihat dari ini dulu nih ini kan kalau pipinya di kita operasikan di sini ke sini ya hp-nya Nanti kalau saya gambar orang jadi gini ya harus lebih kecil ini yang di exchange itu artinya atau yang ke kanan itu adalah via ya kemudian yang ke atas ke arah sumbu yItu Vivi perahu kemudian yang ini yang miring itu Fi ya Ini cuma gambarnya saya putar balik aja ya jadinya kan gambarnya harus begini saya putar balik Biar sama gambarnya ini berkaitan sama maksudnya biar semuanya kelihatan di sini kita masukkan angka-angkanya yang diketahui hanya 5 Ya hanya 5 meter per sekon kemudian tipenya 12 meter per sekon artinya nggak ada Nah di sini karena kita mau cari pergeseran dari B ke c ya buat ini karena cari ini x gitu. Nah kan kita mau cari X langsung aja nih kita pakai kesebangunan ini kan gambar sama-sama segitiga siku-siku kan kita pakai kesebangunan kesebangunan tuh gimana sih Bang mantap pakai Mendingan jadi nanti kita bandingin misalkan ini ini Abi ya Abi itu kan sebelah kiri yang kata sini ya Kak atas nah itu nanti samaBesarnya kayak yang tipe sama-sama dikirim gambarnya di kiri dan ini segitiga siku-siku nya sebagai tingginya jadi ya hp-nya itu sama dengan IP kemudian kita bandingkan kita pacari X batik kita pakai jangan Aceh jangan pakai ini tampaknya BC ya masukin yang ada dan masukin yang dicari itu tipe HP yang bawah yang bawah gitu sama aja dengan perbandingan nya itu bakal sama kita namanya sebanding segitiga sebanding atau dia kesebangunan kita pakainya Nah kita masukin Abinya 120 kemudian bc-nya X tipenya itu 12 kemudian sisanya 5 berarti kita kali silang batunya jadinya 120 dikali 5 = 12 dikali X bacanya jadinya x nya itu = 120 * 5 / 12 gitu. Ya udah1200 menikah dengan 5 / x yaitu adalah 50 m. Iya Tapi jawabannya adalah yang c 50 m Kian sampai jumpa di soal berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

© 2022 CoLearn. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing