Download

Mentok ngerjain soal? Foto aja pake aplikasi CoLearn. Anti ribet ✅Cobain, yuk!

Sebuah benda bermassa 6 kg pada bidang datar yang licin, kecepatan benda berkurang dari 25 m/s menjadi 9 m/s setelah bergerak selama 4 detik. Besar dan arah gaya mendatar yang bekerja pada benda adalah .....

Teks video

Hai konferensi sini kita memiliki pertanyaan Sebuah benda bermassa 6 kg pada bidang datar yang licin kecepatan benda berkurang dari 25 meter per sekon menjadi 9 meter per sekon setelah benda bergerak selama 4 detik besar dan arah gaya mendatar yang bekerja pada benda nya ini adalah jadi di sini itu diketahui kita bikin dulu diketahuinya kita tahu di sini masalahnya itu kan = 6 kg terus di sini itu kecepatan yaitu ada V1 yang pertama V satunya itu yang 25 meter per sekon Terus yang di sini V2 nya itu yang 9 meter per second terus kita tahu kalau saya atau waktunya ini 4 sekon. Nah terus nanti di sini Tolong ditanyakan itu adalah besar dan arah gaya berarti nanti yang ditanyakan itu adalah Sigma nya dan arahnya gitu ya nah jadi nanti untuk yang di sini untuk kita menjawabnya jadi di sini itu nanti untuk cari Sigma f nya kita bisa pakai dari hukum 2 Newtonnah hukum 2 Newton itu bunyinya adalah percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya atau resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan masanya atau yang biasanya dirumuskan dengan Sigma F Disini saya akan Tulis tuliskan dulu rumusnya jadi di sini itu biasanya dirumuskan itu nantinya akan kita pakai itu adalah Sigma F = jadi Sigma f = m * a dengan di sini Sigma F itu adalah resultan gayanya nanti di sini tuh dalam Newton Terus kalau misalkan yang m itu adalah masa-masa hanya itu dalam kg Terus kalau itu percepatan dalam meter per sekon kuadrat Nah kalau untuk yang di sini kan dari percepatan kita belum tahu ya kan di sini itu berarti kita harus cari dulu untuk mencari kecepatan kita bisa pakai rumus yaitu dari V2 dikurang V1 Terus tinggal dibagi sama teh nya Nah untuk yang di sini itu berarti yang kayak tadi aja berarti kan nanya itu percepatan Terus kalau untuk yangT2 itu kecepatan yang pertama eh sorry yang kedua Terus kalau untuk yang V1 itu kecepatan yang satu terus kalau tanya itu waktu kecepatannya dalam meter per sekon kah waktu sedangkan waktunya itu dalam sekon ini kita tulis dulu ya waktu Nah jadi nanti untuk yang di sini waktunya ini-itu dalam sekon ya jadi waktunya dalam sekon sehingga nanti percepatan itu dapatnya itu meter per sekon kuadrat. Nah terus dari rumusnya yang itu tadi ya tinggal dimasukkin aja berarti kan kalau misalnya kayak gitu nanti di sini V2 kurang satu kan berarti 9 kurang 25 dibagi sama pepeknya 4. Nah. Berarti kan nanti untuk yang di sini Mi kita batasi dulu ya berarti kan nanti kita dapat hasilnya itu kan sama dengan 9 kurang 25 akar MIN 16 MIN 16 dibagi 4 ya dapatnya itu berarti - 4 meter per sekon kuadrat Berarti M nya udah tahu karena Sariayu udah tahu percepatan udah tahu sekarang cari Sigma FNah jadi sekarang kita lanjut di sini tadi kan kita dapat kalau percepatan atau Anya itu kan tadi kita udah dapat dapatnya itu kan - 4 meter per sekon kuadrat ya kan nah sekarang kita bisa langsung masukin ke rumus yang Sigma F tadi nah, nah Berarti kan sekarang kita bisa tinggal masukin ke rumusnya langsung yang yang Sigma f = m * a berarti Sigma F = massa nya itu tadi kan 6 kali sama ayah itu - 4 berarti kita dapat itu kan nanti ini = minus 24 Newton atau bisa juga ditulis Itu = 24 Newton tapi karena di sini itu dia minus Jadi kalau minus itu artinya berlawanan arah jadi 24 Newton ya ini berlawanan arah dengan arah geraknya ini jadi dia berlawanan arah dengan arah gerak kalau misalnya tadinya 24 positif yang searah berikan di sini Teh paling tepat adanya itu pada pilihan jawaban yang B beratnya di sini itu adanya pada pilihan jawaban yang B otomatis pilihan jawaban yang lain salah ya nah jadi sekian untuk pembahasan di video kali ini sampai bertemu di berikut

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

© 2022 CoLearn. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing