• Matematika
  • GEOMETRI ANALITIK Kelas 11 SMA
  • Persamaan Lingkaran dan Irisan Dua Lingkaran
  • Kedudukan Titik dan Garis Pada Lingkaran

Video solusi : Diketahui persamaan lingkaran L: x^2+y^2-4x+14y+28=0 Jika koordinat titik T(-1, n), tentukan nilai n sehingga kedudukan titik T: a. pada lingkaran L b. di dalam lingkaran L c. di luar lingkaran L

Teks video

Haikal transversal ini kita mengetahui persamaan lingkaran kita yakni x kuadrat ditambah y kuadrat dikurang 4 x ditambah 14 y ditambah 28 sama dengan nol jika koordinat titik D negatif 1 koma n maka tentukan nilai n sehingga kedudukan titik D yakni pada poin a pada lingkaran l pada poin B yakni di dalam lingkaran l pada poin C di luar lingkaran l di sini masing-masing kita berikan untuk kedudukannya jika kedudukan titik X1 y1 pada persamaan lingkaran x kuadrat ditambah y kuadrat ditambah x ditambah B ditambah c = 0 maka X1 kuadrat ditambah y min 1 kuadrat ditambah a x 1 ditambah b y 1 + C Jika dia lebih kecil dari 0 maka ini Di dalam lingkaran jika dia sama dengan nol maka pada lingkaran jika dia lebih besar dari nol maka diluar lingkaranmaka terlebih dahulu untuk find a yakni pada lingkaran l persamaan lingkaran tadi kita dapatkan nilai a-nya adalah negatif 4 b nya adalah 14 dan C adalah 28 maka untuk titik t negatif 1 koma n kita subtitusi kita dapatkan nilai yakni negatif 1 kuadrat ditambah y kuadrat ditambah dengan a x 1 y negatif 4 kali negatif 1 + B yakni 14 x dengan y 1 yakni n b + c x min 28 sama dengan nol maka kita dapatkan nilai 1 + y kuadrat ditambah 4 + 14 n + 28 = 0 yang kita dapatkan hasil n kuadrat ditambah 14 m ditambah 33 sama dengan nolkemudian kita akan mencari untuk faktor dari persamaan kuadrat yang ini menggunakan 2 angka yang di mana 2 angka tersebut jika kita kalikan akan menghasilkan angka 33 jika kita jumlahkan menghasilkan angka 14 maka 2 angka tersebut adalah 12 * 3, maka kita dapatkan nilai faktor yakni n ditambah 3 dan n ditambah 11 maka kita dapatkan Nilai N = negatif 3 atau nilai n = negatif 11 Nah selanjutnya kita tentukan untuk bagian B dan C kita akan menggunakan garis bilangan yang di mana kita akan menentukan untuk interval negatif dan interval positif yang di mana masing-masing Nilai N = negatif 11 dan n = negatif ya kita beli bulatan kosong karena tadi yatmi kedudukan garis dia akan di dalam lingkaran jika lebih kecil dari 0 dan dia di luar lingkaran jika lebih besar dari nol kedua ini mau menanyakan untuk bulatan kosong Nah selanjutnya kita akan uji untuk titik nilai negatif 5 jika kita subtitusi pada persamaan kuadrat yang ini maka kita dapatkan nilai negatif 5 kuadrat ditambah 14 negatif 5 ditambah dengan 33 kita dapatkan nilai 25 ditambah dengan negatif 70 + 33, maka kita dapatkan nilai negatif 12 maka ini merupakan interval negatif Nah setelah mendapatkan interval negatif maka perhatikan untuk faktor-faktor atau akar-akar dari persamaan kuadrat ini yakni berpangkat ganjil atau berpangkat 1 maka nilai interval nya akan selang seling yakni setelah interval negatif maka dia akan menjadi interval positif begitupun untuk interval negatif maka akan berubah menjadi interval positif dia juga akan selang-seling maka disini kita tentukan untuk bagian B yang di mana dia harus lebih kecil dari maka nilai n-nya adalah lebih besar dari negatif 11 lebih kecil dari negatif 3 dia menggunakan interval negatif di sini karena nilai F aksen y persamaan lingkaran tadi jika kita subtitusi titik negatif 1 koma n yakni titik t ke persamaan lingkaran maka dia harus lebih kecil dari 0 yakni di dalam lingkaran maka nilainya tadi lebih besar dari negatif 11 lebih kecil dari negatif 3 selanjutnya untuk bagian C yakni l aksen atau persamaan lingkaran yang jika kita subtitusi titik-titiknya maka dia harus lebih besar dari nol maka ini memiliki interval positif yang di mana nilainya adalah n lebih kecil dari negatif 11 atau nilainya lebih besar dari negatif 3 sampai jumpa di Pertanyaan selanjutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!

Copyright © PT IQ EDUKASI. Hak Cipta Dilindungi.

Neco Bathing