• Matematika
  • TRIGONOMETRI Kelas 11 SMA
  • Persamaan Trigonometri
  • Rumus Jumlah dan Selisih Sudut

Video solusi : Diketahui sin A= 4/5 dan sin B= 5/13, sudut A dan B keduanya merupakan sudut lancip. Nilai cos (A-B) adalah....

Teks video

Halo friend di sini kita punya soal tentang trigonometri diketahui nilai dari sin A dan Sin B sebagai berikut sudut a dan b keduanya merupakan sudut lancip. Nilai dari cos dari min b adalah diperhatikan bahwa dikatakan a dan b adalah sudut lancip yang berarti nilai dari sin nya maupun Tanya semuanya positif rumus trigonometri dimana cos dari X dikurang Y = cos X dikali cos y = Sin X dikali Sin y dan juga perlu kita ketahui Untuk konsep trigono bisa kan kita punya segitiga siku-siku ABC siku-sikunya di C dan Alfa sudut nya yang ini perhatikan bahwa untuk Sin Alfa didefinisikan sebagai Sisi depan dibagi dengan sisi miring berarti b c per a b untuk apa didefinisikan sebagai sisi samping pada sisi miring berarti a c a b Tangen Alfa didefinisikan sebagai Sisi depan sisi samping berarti b. C parasit dalam kasus ini perhatikan bahwa kita ditanyakan untuk nilai dari cosinus a yang menggunakan formula trigonometri yang kita punya ini berarti dapat kita jabarkan ini akan menjadi cos a yang dikalikan dengan cosinus dari B ditambah dengan Sin a lalu dikalikan Sin dari B perhatikan bahwa disini kita belum mengetahui nilai dari cos a cos B Sin a * sin A dan Sin B sudah ada berarti kita perlu cari terlebih dahulu perhatikan bahwa terdapat ilustrasi kan Misalkan kita punya segitiganya yang satu seperti ini kalau kita punya disini siku-siku dan nangis sudutnya a dikatakan bahwa Sin adalah 4 per 5 berarti perbandingan antara Sisi depan dengan Sisi miringnya adalah 4 banding 5 kali untuk yang satunya lagi untuk Yang sekarang kita juga dapat diilustrasikan misalkan kita punya seperti ini segitiganya siku-siku di sini kita punya B disini untuk Sin b adalah 5 per 13 berarti Sisi depan dibandingkan dengan Sisi adalah 5 banding 13 sekarang kita dapat mencari untuk panjang sisi samping masing-masingnya dengan menggunakan teorema Pythagoras yang berlaku pada segitiga siku-siku kita bisa kan ini sebagai kita bisa kan ini sebagai Q maka disini perhatikan bahwa untuk yang pertama yang lebih dahulu disebut berlaku teorema Pythagoras yakni jumlah kuadrat dari sisi tegak yaitu P kuadrat dengan 4 kuadrat akan sama dengan panjang sisi miringnya dipadatkan yaitu 5 kuadrat berarti P kuadrat nya kan sama dengan kita punya adalah 5 kuadrat Yaitu 25 Kurangi dengan 4 kuadrat yaitu 16 berarti ini = 9 sehingga bentuknya kan = + minus Akar 9 yaitu plus minus 3. Perhatikan bahwa P menyatakan panjang sisi yang tidak mungkin negatif jadi perlu kita ambil positifnya sehingga ini akan sama dengan 3 lalu untuk yang juga sih lupa caranya berarti jumlah kuadrat dari sisi tegak itu Q kuadrat + 5 kuadrat akan sama dengan panjang sisi miringnya dikuadratkan berarti untuk ibadah kita punya adalah 13 kuadrat yaitu 169 dikurang 5 kuadrat Yaitu 25 berarti ini = 144 berarti untuk tindakan = + minus akar dari 144 Perhatikan bahwa akar dari 44 adalah 12 dan lagi-lagi kita perlu membina positif Karena kita menyatakan panjang sisi sehingga tidak mungkin negatif jadi ini = 12 sehingga kita merasa bahwa untuk cos A dan cos b dapat kita temukan di mana untuk cos a. Berarti ini akan sama dengan berarti sisi samping dibagi sisi miring yaitu 3/5 dan ini yang nilainya positif begitupun untuk cos B berarti kita punya adalah sisi samping dan sisi miring yaitu 12 per 13 dan kita sudah punya juga di soal untuk Sin A = 4 per 5 lalu untuk Sin B kita punya adalah 5 per 13 berarti berapa hitungan muda bahwa untuk cosinas dari A Yani kurang dengan b, maka cos a di sini kita punya adalah 3/5 cos B kita punya adalah 12/13 Harusnya kita tambahkan Sin a yang adalah 4 per 5 kalau di sini balikan dengan Sin B yang adalah 5 per 13 sehingga perhatikan banyak a = 36 per 65 ditambahkan dengan 20 per 65 = 56 per 65 jadi untuk kos dari Ayang dikurang b adalah 56 per 65 kita pilih opsi yang B sampai jumpa di soal berikutnya

Sukses nggak pernah instan. Latihan topik lain, yuk!